RELEVANSI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA: PEMBELAJARAN BERPIHAK PADA MURID DALAM PENDIDIKAN ABAD 21

Authors

  • Lilian Maharani PGSD, FKIP, Universitas Muria Kudus
  • Wawan Shokib Rondli PGSD, FKIP, Universitas Muria Kudus
  • Agus Darmuki PGSD, FKIP, Universitas Muria Kudus

Keywords:

Profil Pelajar Pancasila, Pembelajaran, Abad 21

Abstract

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan pembelajaran yang berpihak pada murid  dalam pendidikan abad 21 di Sekolah Dasar  1 Bakalankrapyak Kabupaten Kudus Jawa Tengah terfokus pada Fase C Kelas V. Penelitian ini menyelidiki aktivitas Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan sejalan dengan pendidikan  dengan tuntutan  pendidikan kontemporer, dengan menekankan pada beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berfikir kritis, bergotong-royong, kolaborasi, kreatif  untuk  pendidikan karakter. Metode kualitatif, data dikumpulkan melalui   literatur review, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan menunjukkan bahwa projek ini secara signifikan meningkatkan keterlibatan dan otonomi murid, menciptakan lingkungan belajar yang mendukung  perkembangan yang holistik dan sejalan dengan prinsip -prinsip pembelajaran abad 21.

 

Profile Strengthening Project to student centered learning in 21st century education at Elementary School 1 Bakalankrapyak Kudus Regency Central Java which focuses on Phase C Class V. This study investigates how the project activities of strengthening the profile of Pancasila students, which take the theme Sustainable Lifestyle in line with education with the demands of contemporary education, by emphasizing faith and fear to God, critical thinking, cooperation, collaboration, creativity for character education. Using qualitative methods, data were collected through literature review, observation, interviews, and documentation. The findings show that the project significantly increases student engagement and autonomy, creating a learning environment that supports holistic development and aligns with 21st century learning principle.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anton Leonard, Deni Gunawan, Edi Rahmat Widodo, & Esti Purnawinarni. (2021). Tunas Pancasila 2021.

Galuh, A. D., Maharani, D., Meynawati, L., Anggraeni, D., & Furnamasari, Y. F. (2021). Urgensi Nilai dan Moral dalam Upaya Meningkatkan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Pkn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5169–5178. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1598.

Hamzah, A. R., Mesra, R., Br Karo, K., Alifah, N., Hartini, A., Gita Prima Agusta, H., Maryati Yusuf, F., Endrawati Subroto, D., Lisarani, V., Ihsan Ramadhani, M., Hajar Larekeng, S., Tunnoor, S., Bayu, R. A., & Pinasti, T. (2023). Strategi Pembelajaran Abad 21.

Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). Analisis Kebijakan Pengautan Pendidikan Karakater Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosisl, 2(1), 76–84.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,Riset dan Teknologi. (2022).Paradigma dan Visi Guru Penggerak ,Refleksi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (2022). Paradigma dan Visi Guru Penggerak .Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak.

Kementerian Pendidikan dan kebudayaan , Riset dan Teknologi. (2021).Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2022).Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka.

Peraturan Menteri Pendidikan , Kebudayaan,Riset , dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2024.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2022).Praktik Pembelajaran yang berpihak pada murid. Coaching untuk Supervisi Akademik.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2022).Praktik Pembelajaran yang berpihak pada murid. Pembelajaran sosial dan emosional.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2022).Pemimpin Pembelajaran dalam pengembangan Sekolah. Pemimpin dalam pengelolaan Sumber Daya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2022).Paradigma dan Visi Guru Penggerak. Visi Guru Penggerak.

Lickona, T., & Wamaungo, J. A. (2012). Educating For Character: Mendidik Untuk Membentuk Karakter : Bagaimana Sekolah Dapat Memberikan Pendidikan Tentang Sikap Hormat Dan Bertanggung Jawab (U. Wahyudin & Suryani (Eds.); Ed. Ke-1). Bumi Aksara. Megawangi, R. (2007). Character Parenting Space: Menjad.

Maulida, U. (2023). Sustainable Lifestyle Throught Project Of. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar, 14–21.

Ni’mah, F., & Rondli, W. S. (2023). Penerapan Game Edukasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Abad 21. ILUMINASI: Journal of Research in Education, 1(2), 99–112. https://doi.org/10.54168/iluminasi.v1i2.200.

Nur Fahmi Fardila, Uus Toharudin, & Sopyan Hendrayana. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Profil Pelajar Pancasila Siswa Di Sdn 151 Sukasenang Kota Bandung. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 122–136. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1705.

Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727.

Nuril Lubaba, M., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 687–706. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.576.

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714.

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230. https://doi.org/10.22146/jkn.67613.

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 5(6), 7076–7086. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3274.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (1st ed.). Penerbit Alfabeta.

Sufyadi, S., Harjatanaya, T. Y., Adiprima, P., Satria, M. R., Andiarti, A., & Herutami, I. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi.

Zulkhi, M. D., Tiwandani, N. A., & Siregar, I. H. Z. (2023). JOTE Volume 4 Nomor 3 Tahun 2023 Halaman 161-171 JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education Perwujudan Entitas dan Identitas Bangsa Indonesia dalam Pembelajaran Abad 21 malalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila. 4, 161–171.

Published

2024-11-09

How to Cite

Maharani, L., Wawan Shokib Rondli, & Agus Darmuki. (2024). RELEVANSI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA: PEMBELAJARAN BERPIHAK PADA MURID DALAM PENDIDIKAN ABAD 21. Bhineka Tunggal Ika; Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKN, 11(02). Retrieved from https://jbti.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/article/view/51