IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SOSIODRAMA PADA MATA KULIAH PANCASILA DALAM MENINGKATKAN CIVIC SKILLS MAHASISWA
Keywords:
Sosiodrama, Pendidikan Pancasila, Keterampilan Warga NegaraAbstract
Civic skills atau keterampilan warga negara merupakan salah satu jenis keterampilan yang harus dimiliki oleh generasi muda dalam menghadapi berbagai permasalahan sosial terutama berbagai permasalahan yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Mahasiswa sebagai generasi muda diharapkan mampu memahami bahwa Pancasila merupakan solusi dari berbagai permasalahan sosial yang ada di masyarakat, bangsa, dan negara. Melalui civic skills yang dimiliki para mahasiswa dapat ikut berpartisipasi dalam pemecahan berbagai permasalahan sosial tersebut. Salah satu peningkatan civic skills mahasiswa dapat dilakukan melalui proses pembelajaran di kelas dengan metode yang mampu memfasilitasi terbentuknya civic skills tersebut. Salah satu metode yang disarankan adalah sosiodrama. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode pembelajaran sosiodrama mampu meningkatkan civic skills mahasiswa baik pada indikator keterampilan intelektual maupun partisipasinya.
Civic skills are one type of skill that the younger generation must have in dealing with various social problems, especially various problems that are not in accordance with the values of Pancasila. Students as the younger generation are expected to be able to understand that Pancasila is a solution to various social problems that exist in society, nation and state. Through civic skills, students can participate in solving various social problems. One way to improve students' citizenship skills can be done through the learning process in the classroom with methods that are able to facilitate the formation of these citizenship skills. One method suggested is sociodrama. This type of research is descriptive qualitative with data collection techniques through observation and documentation. The results of the research show that the sociodrama learning method is able to improve students' civic skills both in terms of intellectual skills and participation.
Downloads
References
Alfiansyah, H. R., & Wangid, M. N. (2018). Muatan pendidikan kewaranegaraan sebagai upaya membelajarkan civic knowledge, civic civic skills, dan civic disposition di sekolah dasar. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 6(2), 185–194. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jppfa.v6i2.23764
Aziz Saiful. 2019. Pancasila Sebagai Cita Luhur Pembangunan HukumNasional”, Jurnal Ilmiah Ilmu Hukum QISTIE, Vol. 12 : 2 (November 2019), hlm. 223
AepMuhyidinSyaefulloh, D. W., Putriani, P., Rohaeni, S., & Gustian, R. (2022). Implementasi Habituasi Profil Pelajar Pancasila Dan Eksistensinya Bagi Mahasiswa. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 2141-2149.
Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Method Approaches (3rd Ed.). Los Angeles: SAGE Publications.
Creswell, J., W., 2016, Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran Edisi Keempat, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Elviana, P. S. O., & Murdiono, M. (2017). Pengaruh metode sosiodrama terhadap hasil belajar dan sikap tanggung jawab dalam pembelajaran PKn. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(1), 33-50.
Gultom, A. F. (2016). Enigma Kejahatan dalam Sekam Filsafat Ketuhanan. Intizar, 22(1), 23 34.
Hulu, J. R., & Bawamenewi, A. (2022). Strategi Guru Menanamkan Civic SkillsSiswa Pada Pembelajaran PKn. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 263–270. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.36
Kosasih, K. (2017). Peranan Organisasi Kemahasiswaan Dalam Pengembangan Civic SkillsMahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(2), 188-198.
Marsini. (2015). Peningkatan kemampuan berbicara berbahasa jawa dengan metode sosiodrama pada siswa kelas VIIA semester II Smp Negeri 4 Sukoharjo tahun pelajaran 2013/2014. Magistra, 27(94), 63–73.
Nisa, K., & Amin, Z. (2023). The Influence of the Project Based Learning ( PjBL ) Learning Model in Civics Subjects on the Development of Students ’ Civic Skillsat SMP. Jurnal Nasional Holostic Science, 3(2), 106–113. https://doi.org/https://doi.org/10.56495/hs.v3i2.387
Pusat Penguatan Karakter, 2020, Infografis Profil Pelajar Pancasila, diakses dihttps://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/>.
Putra, R. K. T., Saputro, F. R., Hakim, L., Ramadhan, Y., & Fuadin, A. (2023). Fenomena ChatGPT: Peningkatkan civic skillsl digital native generation. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(2), 140-147.
Ragnarsdóttir, Á. H., & Thorkelsdóttir, R. B. (2012). Creative learning through drama. Drama Research: International Journal of Drama in Education, 3(1), 1–18.
Rosal, R., & Oktapyanto, Y. (2016). Penerapan model pembelajaran simulasi untuk meningkatkan keterampilan sosial anak sekolah dasar. JPSD, 2(1).
Sudjana, N. (2013). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Supriati, A. & M. Umar, (2018), Optimization of the Civic Education as the effort to Strengthen National Character in Multicultural Community. Advances in Social Science, Education andHumanities Research, Vol. 251. p. 193-196.
Subagyo, A. (2020). Implementasi Pancasila dalam menangkal intoleransi, radikalisme dan terorisme. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan, 6(1), 10-24.
Suwandi, N. P., & Dewi, D. A. (2022). Implementasi Pancasila untuk membangun karakter generasi muda. Antropocene: Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora, 2(3), 79-85.
Taniredja, Tukiran dkk. (2019). Paradigma Terbaru Pendidikan Pancasila Untuk Mahasiswa. Bandung: Alfabeta.
Umar, M. (2019). Urgensi nilai-nilai religius dalam kehidupan masyarakat heterogen Di Indonesia. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 71-77.
Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 2(2), 83-91.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wendy Anugrah Octavian, Puspa Dianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.