PENGARUH MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUES BERBASIS KRITIK SASTRA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA FIKSI MUATAN PANCASILA
DOI:
https://doi.org/10.36706/jbti.v11i02.140Keywords:
Value Clarification Techniques, Sastra, Menulis, Fiksi, PancasilaAbstract
Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan dalam berbahasa yang penting dimiliki oleh setiap siswa. Namun dalam praktiknya masih rendahnya keterampilan menulis cerita fiksi khususnya yang bermuatan Pancasila, sehingga perlu diberikan perhatian yang serius. Bertolak dari kondisi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Value Clarification Techniques berbasis kritik sastra terhadap keterampilan menulis cerita fiksi muatan Pancasila mahasiswa calon guru sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one group pretest postest. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling dengan jumlah sample 30 orang. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah tes yang dinilai dengan lima indikator yaitu organisasi isi, isi, tata bahasa, gaya bahasa, mekanis. Hasil Uji-t menunjukkan bahwa T hitung 6,50> T tabel 2,02 yang dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran value clarification techniques berbasis kritik sastra berpengaruh terhadap keterampilan menulis cerita fiksi muatan Pancasila mahasiswa. Kesimpulan penelitian menjelaskan bahwa sintaks dari model pembelajaran Value Clarification Techniques memiliki kesesuaian dengan keterampilan menulis karangan fiksi muatan Pancasila.
Writing skills are one of the most important language skills every student possesses. However, in practice, students' fiction writing skills are still low, so serious attention needs to be given. Starting from these conditions, this study aims to determine the effect of the Value Clarification Techniques learning model based on literary criticism on the writing skills fiction naratif charged Pancasila of elementary school teacher candidates. The method used is to experiment with one group pretest-posttest design. The sampling technique used purposive sampling with a total sample of 30 people. The data collection instrument used is a test that is assessed by five indicators, namely content organization, content, grammar, language style, and mechanical. The t-test results showed that T count 6.50> T table 2.02 which can be concluded that the value clarification techniques learning model based on literary criticism affects students' fiction writing skills charged Pancasila. Conclution explains that the syntax of the value clarification techniques learning model is in line with the skill of writing fiction stories.
Downloads
References
Aghittara, A. O. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Fiksi melalui Metode Eksplorasi Membaca Siswa Kelas IV. Basic education, 5(30), 2-831.
Andayani, R., Pratiwi, Y., & Priyatni, E. T. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Menulis Cerpen Bermuatan Motivasi Berprestasi untuk Siswa Kelas XI SMA. BASINDO: jurnal kajian bahasa, sastra Indonesia, dan pembelajarannya, 1(1), 103-116.
Aprelia, D. A., Baedowi, S., & Mudzantun, M. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3).
Caturwari, K., & Asran, M (2017). Pengaruh Penggunaan VCT terhadap Kemampuan Menulis Puisi Anak Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(3).
Dewi, N. N. K., Kristiantari, M. R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Visual terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4), 278-285.
Isnaini, H. (2019). Pembelajaran Memahami Karya Sastra Sebagai Bagian Pembelajaran Kritik Sastra pada Siswa Sekolah Menengah Atas. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, pp. 1089-1094).
Kurniawan, A. R. I. F. (2016). Hubungan Antara Kebiasaan Membaca Karya Sastra dan Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri Se-Kabupaten Gunungkidul. Universitas Negeri Yogyakarta.
Mahmur, M., Hasbullah, H., & Masrin, M. (2021). Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kalimat terhadap Kemampuan Menulis Narasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(02), 169-184.
Marwoto, P., Sopyan, A., Linuwih, S., Subali, B., & Ellianawati, E. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Sains Guru Sekolah Dasar melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat. Jurnal Abdimas, 17(2), 111-116.
Mayassari, F., Nugroho, W., & Puspasari, Y. (2023). Pengaruh Penerapan Value Clarification Technique (VCT) Berbantuan Modul Ajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2231-2238.
Normuliati, S., & Istiqamah, I. (2020). Pelatihan Keterampilan Menulis Fiksi Bagi Siswa SMKN 2 Marabahan. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 4(1), 111-114.
Nugroho, I. R. (2014). Menjadi Penulis Kreatif. Yogyakarta: Notebook.
Nurgiyantoro, B. (2014). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE
Nurgiyantoro, B. (2018). Teori Pengkajian Fiksi. UGM Press.
Rahayu, A. H., & Nurhadi, (2017). Handbook of Writing. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurmina, N. (2014). Menulis Kreatif Cerita Fiksi Anak. JUPENDAS (Jurnal Pendidikan Dasar), 1(2).
Setiadi, U. N., & Sastromiharjo, A. (2021). Penerapan Model VCT (Value Clarification Technique) dalam Pembelajaran Menulis Argumentasi di Era Society 5.0. Literasi: Jurnal Ilmiah
Susandi, S., & Rachman, A. K. (2019). Keterampilan Menulis Cerpen dengan Teknik Ubah Diary Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(2), 274-285.
Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Yunus, M, dkk. (2014). Keterampilan Menulis. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Zulela, M. S., Siregar, Y. E. Y., Rachmadtullah, R., & Warhdani, P. A. (2017). Keterampilan Menulis Narasi melalui Pendekatan Konstruktivisme di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 112-123.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Abih Gumelar, Risma Nuriyanti, Sahroni, Encep Syarief Nurdin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.