PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMPERKUAT PENDIDIKAN MULTIKULTURAL
Keywords:
Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Multikultural, Peserta DidikAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hubungan kewarganegaraan dan pendidikan multikultural. Study pustaka merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini. Kewarganegaraan dan pendidikan multikultural saling melengkapi dalam membentuk tingkah laku peserta didik. Melalui pendidikan multikultural, peserta didik dapat memahami nilai-nilai kewarganegaraan yang lebih mendalam lagi terkait jati diri bangsa, demokrasi, toleransi, keadilan, dan persamaan hak. Mereka juga dapat mempelajari sejarah bangsa dan nilai-nilai yang melekat dalam budaya lokal. Dengan demikian, peserta didik akan lebih memahami dan menghargai keragaman sosial dan nilai-nilai universal yang menjadi dasar kewarganegaraan. Kewarganegaraan dan pendidikan multikultural ini memang memiliki hubungan yang sangat erat, karena hubungan antara kedua pendidikan ini akan membentuk masyarakat yang inklusif, beragam, dan toleran.
This study aims to describe the relationship between citizenship and multicultural education. Literature study is the method used in this study. Citizenship and multicultural education complement each other in shaping students' behavior. Through multicultural education, students can understand more deeply the values of citizenship related to national identity, democracy, tolerance, justice, and equal rights. They can also learn the history of the nation and the values inherent in local culture. Thus, students will better understand and appreciate social diversity and universal values that are the basis of citizenship. Citizenship and multicultural education do have a very close relationship, because the relationship between these two educations will form an inclusive, diverse and tolerant society.
Downloads
References
Adha, M., & Perdana, D. R. (2020). Pendidikan kewarganegaraan.
Agustianty, E. F. (2021). Multikulturalisme Di Indonesia. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 1–7. https://osf.io/tejgv
Darmalaksana, W. (2020). Metode penelitian kualitatif studi pustaka dan studi lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Das, S. W. H., & Wahab, A. (2021). Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran Fikih pada MTs DDI Kaballangang Kabupaten Pinrang. Al-Musannif, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.56324/al-musannif.v3i1.43
Dewi, R. R., Suresman, E., & Suabuana, C. (2020). Pendidikan Karakter Di Persekolahan. Journal of Social Science and Education, 1(2), 71–84.
Fahlevi, M. R. (2022). Kajian Project Based Blended Learning Sebagai Model Pembelajaran Pasca Pandemi dan Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 230–249. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2714
Fatihah, Husnul ; Waluyati, S. P. (2019). Pendidikan Demokrasi dalam Masyarakat Multikultural.
Fatihah, H. (2018). Kajian terhadap unsur berpotensi konflik kabupaten musi rawas provinsi sumatera selatan. Bhineka Tunggal Ika, 1(1), 1–12.
Kusnadi, A., & Assa’diyah, F. (2018). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengimplementasikan Pendidikan Multikultural Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Islam Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Tambusai, July, 1–23.
Nanggala, A. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Multikultural. Jurnal Soshum Insentif, 3(2), 197–210. https://doi.org/10.36787/jsi.v3i2.354
Parawangsa, E., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Hakikat Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar (SD). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8050–8054.
Rahayu, R., Ndona, Y., & Setiawan, D. (2022). Fungsi Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Menanamkan Konsep Multikulturalisme. Jurnal Sintaksis, 4(1), 91–103.
Zulfikar, M. F., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa. JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 104–115. https://doi.org/10.31932/jpk.v6i1.1171
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Husnul Fatihah, Julianti Dewi, M Kevin Effriansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.