PENGARUH E-LKPD BERBASIS HOTS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA
Keywords:
E-LKPD, HOTS, Hasil Belajar, Peserta DidikAbstract
Berdasarkan hasil Programme for International Student Assessment (PISA) 2018 menunjukkan bahwa dalam bidang baca sains dan matematika Indonesia berada pada pisisi rendah. Hasil PISA tersebut menjadi patokan bagi Indonesia untuk memperbaiki kualitas pendidikan yang ada. Untuk itu, Peserta didik pada pendidikan abad 21 sudah dituntut akan keterampilan kognitif. Salah satu keterampilan yang harus peserta didik kuasai yakni critical thinking. Terkhusus dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila, sangat diharuskan karena Pendidikan Pancasila menjadi mata pelajaran yang sangat riil serta konseptual, dimana pembiasaan berpikir tingkat tinggi ini mampu membuat peserta didik menyelesaikan masalah serta menemukan solusinya. Dan salah satu alternatif yang bisa diambil adalah dengan merancang bahan ajar, khususnya Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), yang berfokus pada pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi, Higher Order Thinking Skills (HOTS). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan E-LKPD Berbasis HOTS terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasil. Penelitian ini adalah penelitian kuantitaif dengan metode quasi eksperimen design kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan E-LKPD berbasis HOTS pada kelas eksperimen semakin meningkat ditinjau dari rata-rata nilai pre-test dan post-test. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan E-LKPD berbasis HOTS memiliki pengaruh dalam peningkatan hasil belajar peserta didik.
Based on the results of the Program for International Student Assessment (PISA) 2018 show that in the field of reading science and mathematics Indonesia is in a low position. The PISA results are a benchmark for Indonesia to improve the quality of existing education. For this reason, learners in 21st-century education are already required to have cognitive skills. One of the skills that learners must master is critical thinking. Especially in learning Pancasila Education, it is very necessary because Pancasila Education is a very real and conceptual subject, where this high-level thinking habit is able to make students solve problems and find solutions. And one of the alternatives that can be taken is to design teaching materials, especially the Learner Worksheet (LKPD), which focuses on developing higher order thinking skills (HOTS). The purpose of this study was to determine the effect of using HOTS-based E-LKPD on student learning outcomes in Pancasila Education learning. This research is a quantitative research with quantitative quasi experimental design method. The results showed that the use of HOTS-based E-LKPD in the experimental class increased in terms of the average pre-test and post-test scores. So it can be concluded that the use of HOTS-based E-LKPD influences improving the learning process.
Downloads
References
Apertha, F. K., Zulkardi, & Yusup, M. (2018). Development of LKPD Based on Open-Ended Problems in Class VII Quadrilateral Material. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 12. No 2.
Arestu, O. O., Karyadi, B., & Ansori, I. (2018). Peningkatan kemampuan memecahkan masalah melalui lembar kegiatan peserta didik (lkpd) berbasis masalah. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 2(2), 58-66.
Azelin, N., Wardana, M. Y., & Prasaetyo, S. A. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis HOTS Pada Materi Bangun Ruang Berbantu Live Worksheets Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, Vol 9. No 4.
Gowasa, S., Harahap, F., & Suyanti, R. D. (2019). Perbedaan Penggunaan Median Powerpoint dan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Retensi Memori Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SD. Jurnal Tematik, Vol 9. No 1.
Mahmudah, & Bahtiar, M. D. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Higher Order Thinking Skills pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Sebagai Upaya Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik. JPAK: Jurnal Pendidikan Akuntansi, Vol 10. No 1.
Mariyani, Setiyowati, R., & Fatihah, H. (2020). Analisis Tingkat Validasi Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis HOTS dengan Sistem Barcode. Jurnal Historis; Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP UM Mataram, Vol 5. No 2.
Mariyani, M., Nurdiansyah, E., Ramadhan, A., Veronica, M., & Galuh, S. (2023, December). Analysis of the need for schoology-based mobile learning development as an effort to strengthen the 4C (critical, collaboration, creative, and communication) skills in students. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2621, No. 1). AIP Publishing.
Noprinda, C. T., & Soleh, S. M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, Vol 2. No 2.
Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta : Gramasurya.
Pebriani, N., Putrayasa, I., & Margunayasa, I. (2022). engembangan E-LKPD Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) Dengan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran IPA Tema 8 Kelas V SD. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, Vol 12. No 2.
Putri, H., Susiani, D., & Wandani, N. S. (2022). Instrumen Penilaian Hasil Pembelajaran Kognitif pada Tes Uraian dan Tes Objektif. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, Vol 4. No 2.
Ruci, M., Huda, C., & Suneki, S. (2023). Implementasi LKPD Berbasis Saintifik untuk Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2808-2822.
Suciono, W., Rasto, R., & Ahman, E. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Ekonomi Era Revolusi 4.0. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 17(1), 48-56.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta.
Trisna, B. N. (2019). Education 4.0 Perubahan Paradigma dan Penguatan Kearifan Lokal dalam Pembelajaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matetika, Vol 5. No 1.
Yandi, A., Putri, A. N., & Putri, Y. S. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Peserta Didik. JPSN: Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, Vol 1. No 1.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nur Khofifah, Mariyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.