PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PBL
DOI:
https://doi.org/10.36706/jbti.v11i02.117Keywords:
PBL, PPKn, Keaktifan SiswaAbstract
Partisipasi siswa dalam proses belajar adalah cara yang terbaik untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa. Partisipasi siswa dalam pembelajaran PPKn sangat dipengaruhi oleh desain pembelajaran yang direncanakan oleh guru. Penggunaan model pembelajaran yang konvensional secara berkesinambungan tanpa variasi akan berdampak pada aktifitas siswa dalam proses pembelajaran tidak maksimal. Kondisi demikian akan menyebabkan motivasi dan hasil belajar siswa menjadi menurun. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di Kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Kampar Kiri. Model pembelajaran yang digunakan adalah problem-based learning dengan 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan aktifitas siswa yang cukup signifikan dengan menggunakan model pembelajaran problem-based learning di kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Kampar Kiri dari 61.33% menjadi 87.17%. Guru seharusnya merencanakan materi materi pembelajaran yang terkait dengan kejadian yang terjadi di lingkungan sekitar siswa sehingga memudahkan siswa melakukan observasi dan menerapkan pemecahan masalah ditemukan. Selain itu, diharapkan juga guru dapat menyesuaikan metode yang digunakan dalam pembelajaran agar sesuai dengan kebutuhan siswa, sehingga proses pembelajaran menjadi efektif untuk meningkatkan aktifitas belajar siswa.
Student participation in the learning process is the most effective way to enhance their understanding and skills. This participation on civic education is strongly influenced by the learning design created by the teacher. The continuous use of conventional learning models without variation can result in less-than-optimal student engagement. Such conditions may lead to a decline in both student motivation and learning outcomes. This research was conducted as classroom action research in Class XII Science 1 at SMA Negeri 1 Kampar Kiri. The learning model applied was problem-based learning, implemented over two cycles. The results showed a significant increase in student engagement, rising from 61.33% to 87.17%, after the use of the problem-based learning model in Class XII Science 1. Teachers should plan lessons related to events in the students' environment, making it easier for students to observe and apply problem-solving skills. Additionally, teachers should adjust the teaching methods to meet the students' needs, ensuring that the learning process effectively enhances student engagement.
Downloads
References
Argusni, R., & Sylvia, I. (2019). Implementasi Pelaksanaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Siswa Kelas XI IIS SMAN 16 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 52–59. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i1.9
Fariana, M. M. P. B. L. U. M. P. K. D. A. S. (2017). Implementasi Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Aktivitas Siswa. Journal of Medives Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(1), 25–33.
Haryanti, Y. D. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.596
Kim, S., Raza, M., & Seidman, E. (2019). Improving 21st-century teaching skills: The key to effective 21st-century learners. Research in Comparative and International Education, 14(1), 99–117. https://doi.org/10.1177/1745499919829214
Lestari, P., Wardani, S., & Khusniati, M. (2019). Model problem based learning berbantuan jurnal belajar terhadap kemampuan metakognitif siswa. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(1), 38. https://doi.org/10.31331/jipva.v3i1.797
Lubis, S. P. W., Suryadarma, I. G. P., Paidi, & Yanto, B. E. (2022). The Effectiveness of Problem-based learning with Local Wisdom oriented to Socio-Scientific Issues. International Journal of Instruction, 15(2), 455–472. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15225a
Nasrullah, S., Saqib Khan, M., Kamal, S., & Ullah Khan, I. (2017). Effect of Classroom Activities in Teaching Learning Process At Primary Level. Sci.Int.(Lahore), 29(3), 691–695.
Ningsih, Soetjipto, B. E., & Sumarmi. (2017). Improving the Students’ Activity and Learning Outcomes on Social Sciences Subject Using Round Table and Rally Coach of Cooperative Learning Model. Journal of Education and Practice, 8(11), 30–37.
Pada, D., Di, M. C.-, & Dasar, S. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 Di Sekolah Dasar. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 7(2), 109–120. https://doi.org/10.12928/jpsd.v7i2.17327
Ramadhan, I. (2021). Penggunaan Metode Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kelas XI IPS 1. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 358–369. https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1352
Wachrodin. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Keaktifan Siswa Melalui Model Problem Based Learning (Pbl) Dengan Penugasan Berstruktur. Jurnal Penelitian Pendidikan, 34(1), 85–94. https://doi.org/10.15294/jpp.v34i1.10920
Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kritis Problem Based Learning (Pbl) Learning Model: the Effect on Understanding of Concept and Critical Thinking. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 02(November), 399–408.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mirza Hardian, Annisya Rismi, Rike Erlande, Ryan Taufika, Ahmad Fauzan, Juri, Apriya Maharani R
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.