KENDALA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PKn DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PANCASILA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.36706/jbti.v11i02.103Keywords:
Kendala Pembelajaran, PKn, Nilai-Nilai PancasilaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kendala pelaksanaan pembelajaran PKn dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila di SD Negeri 38 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang diterapkan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN 38 Kota Bengkulu dengan melibatkan kepala sekolah, guru, orang tua, dan siswa kelas IV SD Negeri 38 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi lembar pedoman observasi, lembar wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala-kendala ini melibatkan guru, orang tua, siswa dan lingkungan sekolah, yaitu: (1) Kendala guru ditemukan bahwa kurangnya pemahaman dan ketelitian dalam menyusun perangkat pembelajaran PKn yang terintegrasi dengan nilai-nilai Pancasila. (2) Kendala yang dihadapi siswa yaitu kurangnya motivasi dan keaktifan siswa dalam belajar nilai karakter disebabkan karena kurang keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran. (3) Kendala dari orang tua yang sibuk dengan kegiatan ekonomi cenderung mengabaikan peran sebagai orang tua dalam mendampingi dan mendidik karakter anak-anak. (4) Kendala yang disebabkan oleh lingkungan siswa yang tidak menyediakan dukungan sosial yang memadai atau bahkan memberikan pengaruh negatif yang kuat. Semua kendala ini menyoroti pentingnya kolaborasi antara guru, orang tua, siswa dan lingkungan sekolah untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dalam upaya menanamkan nilai-nilai Pancasila pada siswa sekolah dasar
The purpose of this study is to describe the challenges in implementing civic education to instill Pancasila values at SD Negeri 38 Kota Bengkulu. The research conducted is of a qualitative descriptive type, involving the principal, teachers, parents, and fourth-grade students of SDN 38 Kota Bengkulu. Instruments used for data collection include observation guidelines, interview sheets, and documentation. The findings indicate several challenges involving teachers, parents, students, and the school environment: (1) Challenges faced by teachers: There is a lack of understanding and precision in developing PKn learning tools that integrate Pancasila values. (2) Challenges faced by students: Students exhibit low motivation and activity in learning character values due to teachers' insufficient skills in using teaching media effectively. (3) Challenges from parents: Busy with economic activities, parents tend to neglect their role in accompanying and educating their children about character development. (4) Challenges from the school environment: The school environment does not provide adequate social support or may even exert strong negative influences. All these challenges highlight the importance of collaboration among teachers, parents, students, and the school environment to create a conducive learning environment aimed at instilling Pancasila values in students elementary.
Downloads
References
Anggraini, D., Fathari, F., Anggara, J. W., & Al Amin, M. D. A. (2020). Pengamalan nilai-nilai Pancasila bagi generasi milenial. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik (JISoP), 2(1), 11-18.
Apriani, A.-N., Septiani, I., & Izzah, L. (2022). Implementasi Pendidikan Pancasila di SDNegeri Bakulan. Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 1(2), 33. https://doi.org/10.21927/ijeeti.2022.1(2).33-42
Arfandi, A., & Samsudin, M. A. (2021). Peran Guru Profesional Sebagai Fasilitator dan Komunikator Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 5(2), 37–45. https://doi.org/10.35316/edupedia.v5i2.1200
Aslan, A., Setiawan, A., & Hifza, H. (2019). Peran Pendidikan dalam Merubah Karakter Masyarakat Dampak Akulturasi Budaya di Temajuk. FENOMENA, 11(1), 11–30. https://doi.org/10.21093/fj.v11i1.1713
Azis, T. N. (2019). Strategi Pembelajaran Era Digital. The Annual Conference on Islamic Education and Social Science, 1(2), 308–318. https://doi.org/https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ACIEDSS/article/view/512
Dewi, D. A., Hidayat, N. A. S. N., Septian, R. N., Apriliani, S. L., & Purnamasari, Y. F. (2021). Peran Pembelajaran Pkn SD dalam Membentuk Karakter Moral Siswa untuk Mempersiapkan Masa Depan Bangsa. Jurnal Basicedu, 5(6), 5258–5265. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1621
Dewi, E., Muhammad, D. H., & Susandi, A. (2022). Peran Pendidikan Akhlak Dalam Penanggulangan Krisis Moralitas Sosial Di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 213–222. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3525
Evelyn, M. M., Masri, P. A. L., Husna, N., Khairani, R. R., & Anshari, S. (2022). Analisis Kesulitan yang Dialami Guru dalam Pembuatan RPP di SDN 060843 Medan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(04), 358–366. https://doi.org/https://doi.org/10.59141/japendi.v3i04.780
Fadhilah, N., & Adela, D. (2020). Penguatan Nilai-Nilai Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(3), 7–16. https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i3.44
Fadil, K. (2023). Peran Guru Dalam Penanaman Sikap Anti Bullying Verbal Dalam Pembelajaran PKN di Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 123–133. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.411
Fibra, N. P., & Indrawadi, J. (2021). Kendala-Kendala dalam Penyusunan dan Pelaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Program Merdeka Belajar. Journal of Education, Cultural and Politics, 1(2), 70–76. https://doi.org/10.24036/jecco.v1i2.13
Fikriyah, S., Mayasari, A., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyikapi Bullying. Jurnal Tahsinia, 3(1), 11–19. https://doi.org/10.57171/jt.v3i1.306
Hadi, A. S., & Muryati, S. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa SMP Negeri 2 Belitang. Democratia, 1(1), 43–54. https://doi.org/https://doi.org/10.31331/jade.v1i1.2291
Insani, G. N., Dewi, D., & Furnamasari, Y. F. (2021). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8153–8160. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2313
Jannah, A. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2758–2771.https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10090
Karima, M. K., & Ramadhani, R. (2017). Peran pendidikan dalam mewujudkan generasi emas Indonesia yang bermartabat. Ijtimaiyah: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 1–25.
Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Makrufi, A. D., Gandi, S., Muin, A., Tajeri, & Ali Fakhrudin, Hamdani, S. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. Malang : CV. Literasi Nusantara Abadi.
Kusuma, J. W., Maliki, B. I., & Fatoni, M. (2020). Peran Pendidikan Dalam Menyiapkan Bisnis Tradisional Memasuki Era Digital. Edusaintek : Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 7(1), 39–53. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v7i1.57
Marzuki, M., & Haq, P. I. (2018). Penanaman nilai-nilai karakter religius dan karakter kebangsaan di Madrasah Tsanawiyah Al Falah Jatinangor Sumedang. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 84-94. 10.21831/jpk.v8i1.21677
Mulu, M., Van, M. Q., & Wejang, H. (2021). AnalisisKesulitan Guru Dalam Mengembangkan Rpp Tematik. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar (JLPD), 2(2), 14–18.
Musawamah, M. (2021). Peran orang tua dan guru dalam membentuk karakter anak di kabupaten demak. Al-Hikmah (Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam), 3(1), 54–70. https://doi.org/https://doi.org/10.36378/al-hikmah.v3i1.1142
Napitupulu, F. A., Munthe, B., & Butarbutar, I. (2023). Pengaruh Perkembangan Zaman terhadap Minat dalam Pembelajaran Agama Kristen Kelas VII di SMP Negeri 2 Silaen TA 2022/2023. Journal on Teacher Education, 4(3), 692–700. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.13058
Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila sebagai upaya membentuk karakter jujur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 33–41. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpku.v9i1.31424
Permana, B. I. (2016). Kemampuan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Yang Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Di SMP Negeri 1 Sempu Kabupaten Banyuwangi. JPPKn (Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan), 1(1).
Prabowo, S. H., Fakhruddin, A., & Rohman, M. (2020). Peran orang tua dalam pembentukan karakter anak di masa pandemi covid-19 perspektif pendidikan islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 191–207. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/atjpi.v11i2.7806
Pratiwi, N. D. (2021). Peran guru dan orang tua dalam membentuk karakter jujur pada anak. Tunas Nusantara, 3(1), 324–335.
Purwanti, D., & Farhurohman, O. (2022). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas 5 dan 6 SD Dalam Penggunaan Tiktok. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 4(2), 45–49. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/pendekar.v4i2.6913
Ramdani, Z., Amrullah, S., & Tae, L. F. (2019). Pentingnya Kolaborasi dalam Menciptakan Sistem Pendidikan yang Berkualitas. Mediapsi, 5(1), 40–48. https://doi.org/10.21776/ub.mps.2019.005.01.4
Rantauwati, H. S. (2020). Kolaborasi Orang Tua Dan Guru Melalui Kubungortu Dalam Pembentukan Karakter Siswa SD. Jurnal Ilmiah WUNY, 2(1). https://doi.org/10.21831/jwuny.v2i1.30951
Sati, L., & Dewi, D. A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Pendidikan Multikultural. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 904–910. https://doi.org/1051
Sigit, B. P. (2023). Peran Pembelajaran PPKn dalam Menguatkan Sikap Toleransi Peserta Didik Di Smpn 01 Way Tenong.
Susanti, A., & Darmansyah, A. (2023). Analisis Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bernalar Kritis di SD Negeri 44 Kota Bengkulu. EduBase: Journal of Basic Education, 4(2), 201–2011. https://doi.org/https://doi.org/10.47453/edubase.v4i2.1027
Sutrisno, S. (2018). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membangun Warga Negara Global. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(1).
Syifaurrahmah, W. Robiansyah, F. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Mata Pelajaran Ppkn Dan Implikasinya Terhadap Pembinaan Karakter Siswa Kelas 4 SDN Cilegon 4. In Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 7(1), 250–271.
Wahyuni, I. W., & Putra, A. A. (2020). Kontribusi Peran Orangtua dan Guru dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 30–37. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/althariqah.2020.vol5(1).4854
Wati, D. P., & Fatayan, A. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 5193–5200. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1082
Wibawa, I. M. A. J., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw I dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 115. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17665
Winarni, E. W. (2021). Teori dan PraktikPenelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Jakarta: Bumi Aksara.
Yulianto, D., & Hafida, S. H. N. (2022). Peran Metode Penugasan dan Peran Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa. ,. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 4(1), 19–24. https://doi.org/10.23917/blbs.v4i1.17748
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Atika Susanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.