PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT DENGAN MEDIA LEVELING CARD BOARDS

Authors

  • Isnanda Nur Ramdani Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Danang Tunjung Laksono Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.36706/jbti.v11i02.102

Keywords:

Keaktifan, Peserta Didik, Pendidikan Pancasila, Team Games Tournament, Leveling Card Boards

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dalam proses belajar bagi peserta didik. Inisiatif penelitian ini timbul dari keprihatinan terhadap tingkat partisipasi yang kurang dari peserta didik dalam lingkungan kelas. Fokus utama dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran TGT dengan memanfaatkan media sebagai sarana untuk meningkatkan tingkat partisipasi peserta didik dalam proses belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan pedoman atau gambaran terhadap penerapan model pembelajaran TGT berbasis kooperatif dengan penggunaan media guna meningkatkan tingkat partisipasi belajar peserta didik kelas X di SMA. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X-H di SMA Negeri 7 Surakarta, yang berjumlah 36 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas melalui pelaksanaan 2 siklus PTK yang dimulai dengan tahap pra siklus. Data dikumpulkan melalui pengamatan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi dan dokumentasi pada setiap siklus, terlihat peningkatan yang positif pada tingkat partisipasi peserta didik. Tingkat partisipasi peserta didik mengalami peningkatan signifikan, dari 22% pada pra siklus, menjadi 44% pada siklus I, dan mencapai 73% pada siklus II. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan media dapat secara efektif meningkatkan tingkat partisipasi belajar peserta didik kelas X-H di SMA Negeri 7 Surakarta.

 

This research aims to enhance participation in the learning process among students. The initiative stems from concerns regarding the insufficient level of student participation within the classroom environment. The primary focus of this research is an implementation of the Team Games Tournament instructional model, utilizing media as a means to augment student participation levels in the learning process. The objective is to provide guidance or an overview of the application of the cooperative-based TGT instructional model with media usage to improve participation levels among 10th-grade students in a high school setting. The research subjects are 36 students from class X-H at SMA Negeri 7 Surakarta. The research methodology employed is classroom action research, executed through two cycles of action research.. Data collection is conducted through observation and documentation. Based on the observations and documentation from each cycle, a positive increase in student participation levels is evident. Student participation rates experience a significant rise, from 22% in the pre-cycle phase to 44% in cycle I, and reaching 73% in cycle II. The findings affirm that the implementation of the Team Games Tournament (TGT) instructional model with media can effectively enhance participation levels among 10th-grade students at SMA Negeri 7 Surakarta.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmani, J. M. (2016). Tips Efektif Cooperative Learning. Diva Press.

Asrori, & Rusman. (2020). Classroom Action Reserach Pengembangan Kompetensi Guru. In Pena Persada.

Eftaeni, P. N., & Istiandaru, A. (2020). Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ipa Tema 5 Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Banjaragung 01 Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, 5(December), 118–138.

Firsty Mariadini, M., Fauzi Nurromadhon, M., Fani, R. A., & Hidayat, M. L. (2021). Analisis Keaktifan Kolaborasi Guru IPA Menggunakan Aplikasi Google Docs di Masa Pandemi Covid-19 Analysis Of The Collaborative Activity Of Science Teachers Using The Google Docs Application During The Covid-19 Pandemic. Proceeding Biology Education Conference, 18(1).

Gunawan, G., Kustiani, L., & Hariani, L. S. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 12(1), 14–22. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/view/4840

Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236

Rismorlita, C. E., Philiyanti, F., Prasetio, V. M., & Sari, L. P. (2021). Relevansi Kebutuhan Stakeholder Terhadap Pengembangan Kurikulum Berbasis Keterampilan Abad 21. KAGAMI Jurnal Pendidikan Dan Bahasa Jepang, 12(2), 12–20. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/kagami/article/view/23833

Rizky, N., Kanza, F., Lesmono, A. D., & Widodo, H. M. (2020). ANALISIS KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM PADA PEMBELAJARAN FISIKA MATERI ELASTISITAS DI KELAS XI MIPA 5 SMA NEGERI 2 JEMBER. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, 9(2), 71–77. https://doi.org/10.19184/JPF.V9I1.17955

Samosir, E. (2022). Kemampuan Literasi Matematika: Kaitannya dengan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 4(1), 60–72. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v4i1.23026

Sanjaya, W. (n.d.). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group.

Sari, E. R., Yusnan, M., & Matje, I. (2022). Peran Guru Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran. Jurnal Eduscience, 9(2), 583–591. https://doi.org/10.36987/jes.v9i2.3042

Shabrina, A., & Astuti, U. P. (2022). The Integration of 6Cs of the 21st Century Education into English Skills: Teachers’ Challenges and Solutions. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 7(1), 28–37. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V7I1.15185

Sholihah, A., & Dwi Arista, H. (2023). Meningkatkan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Interaktif Berbasis Blended Learning Pada Materi Teks Artikel. Jurnal Pendidikan Bahasa, 12(1), 95–105. https://doi.org/10.31571/bahasa.v12i1.5057

Slavin, R. E. (2015). Cooperative Learning. Nusa Media.

Sulistyo, E. B., Mediatati, N., Universitas, P.-F., & Wacana, K. S. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKn melalui Model Pembelajaran Kooperatif TGT (Team Game Tournaments). Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 233–240. https://doi.org/10.23887/JP2.V2I2.17913

Sulthon, M., Pujiastuti, P., & Retnawati, H. (2021). What is the teacher’s challenge on the developing of learning media to increase critical thinking ability and the character? Jurnal Prima Edukasia, 9(1), 55–64. https://doi.org/10.21831/jpe.v9i1.34876

Suseno, W. (Wawan), Yuwono, I. (Ipung), & Muhsetyo, G. (Gatot). (2017). Peningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan Pembelajaran Kooperatif Tgt. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(10), 212237. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V2I10.10061

Thalita. (2019). Penerapan Model Pembelajaran TGT untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4.

Wahyuningsih, E. S. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. DEEPUBLISH.

Published

2024-11-30

How to Cite

Ramdani, I. N., & Danang Tunjung Laksono. (2024). PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT DENGAN MEDIA LEVELING CARD BOARDS. Bhineka Tunggal Ika; Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKN, 11(02), 274–282. https://doi.org/10.36706/jbti.v11i02.102

Issue

Section

Articles