MODEL PEMBELAJARAN LITERASI PADA MATAKULIAH PPKn SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KARAKTER GEMAR MEMBACA MAHASISWA

Authors

  • Bambang Trisno Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Syawaluddin Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Lainah Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Padang Panjang
  • Muspardi Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar

Keywords:

Model Pembelajaran, Literasi, Karakter, Gemar Membaca

Abstract

Masih lemahnya karakter gemar membaca mahasiswa di perguruan tinggi, hal ini ditunjukkan dengan minimnya referensi mahasiswa dalam perkuliahan, sedikit sekali yang meminjam buku di perpustakaan dan mahasiswa lebih memilih bermain media sosial daripada membaca ebook atau artikel. Padahal, Pendidikan tidak hanya berfungsi sebagai pengembangan pengetahuan, pendidikan mestinya juga meningkatkan budi pekerti (karakter), salah satunya karakter gemar membaca.  Untuk itu dalam penelitian ini ditawarkan model pembelajaran literasi untuk penguatan karakter gemar membaca mahasiswa. Dilihat dari hasil hipotesis angka probabilitas Asmyp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.001 atau probabilitas di bawah alpha (0.000 < 0.05), dengan perbedaan rerata skor pretest dan posttest sebesar 8.611, H1 diterima dan H0 ditolak yang berarti terdapat peningkatan karakter gemar membaca mahasiswa UIN Bukittinggi setelah diberikan model pembelajaran literasi.

 

The weak character of reading for students in tertiary institutions, this is indicated by the lack of student references in lectures, very few borrow books from the library and students prefer to use social media instead of reading ebooks or articles. In fact, education does not only function as the development of knowledge, education should also improve character (character), one of which is the character of liking to read. For this reason, this research offers a literacy learning model to strengthen students' fond of reading character. Judging from the results of the hypothesis probability number Asmyp. Sig. (2-tailed) of 0.001 or probability below alpha (0.000 <0.05), with a difference in the mean pretest and posttest scores of 8.611, H1 is accepted and H0 is rejected which means there is an increase in the reading character of UIN Bukittinggi students after being given a literacy learning model.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, P. C. (2018). Peran PKN Dalam Membentuk Karakter Kewarganegaraan Melalui Pendekatan Berbasis Nilai Di Perguruan Tinggi. 1–9. https://ppkn.fkip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2018/08/Purnomo-Aji.-Universitas-Sebelas-Maret..pdf

Ambarwati, A. (2017). Penguatan Karakter Gemar Membaca Melalui Cerpen Humor Untuk Anak Sekolah Dasar. Konferensi Nasional , 1(1), 1–3.

Ananda, A., & Trisno, B. (2019). Menelusuri Pancasila. Samudera Biru.

Ananda, A., & Trisno, B. (2020). Literation Improvement of Indonesia’s Citizens in the Era of Industrial Revolution 4.0: A Conceptual Analysis on Civic Education. 418(Acec 2019), 38–43. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200320.008

Antasari, I. W. (2017). (Antasari, 2017). LIBRIA, 9(1), 13–26.

Benaziria, B. (2018). Pengembangkan Literasi Digital pada Warga Negara Muda dalam Pembelajaran PPKn melalui Model VCT. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 11. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8331

CAMPBELL, G. T., & STANLEY, J. C. (1963). Experimental And Quasi Experimental Design For Research. In Contemporary Psychology: A Journal of Reviews (Vol. 29, Issue 4). Boston: Houghton Mifflin Company. https://doi.org/10.1037/022808

Coakes, S. J., Steed, L., & Ong, C. (2010). SPSS Version 17.0 For Windows. Jhon Wiley & Sons Australia, Ltd.

Djahir, Y. (2019). Suplemen Buku Ajar Pendidikan Pancasila. Deepublish.

Fadhilah, M. N. (2021). Peran Literasi Digital Dalam Model Pembelajaran Blended Learning Mahasiswa Pgmi. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 3(1), 13–24. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v3i1.4456

Hadi, A. A., Sarifah, A., Maftuhah, T., Putri, W. D., Guru, P., & Dasar, S. (2023). Rendahnya minat baca anak sekolah dasar. 3(1).

Heny Subandiyah. (2013). PEMBELAJARAN LITERASI DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. 111–123.

Hermawan, I. C., & Hasanah, A. (2021). PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL SUNDA DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN PPKn DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 8(2), 116–128. https://doi.org/10.36706/jbti.v8i2.15746

Kaelan. (2014). Pendidikan Pancasila. Pradigma.

Kurniawan, M. W., & Kusumawardhana, A. S. (2020). Strategi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Menumbuhkan Sikap Demokratis Siswa. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 7(1), 7–16. https://doi.org/10.36706/jbti.v7i1.10862

Lestari, N. M. (2019). Pengaruh Tingkat Literasi Mahasiswa Perbankan Syahriah Terhadap Inklusi Keuangan Produk Perbankan Syahriah Dalam Transaksi E_Commerce | Jurnal Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Islam Fakultas Agama Islam UHAMKA, 10(2), 208–226.

Mudana, I. G. A. M. G. (2020). Membangkitkan Budaya Literasi Melalui Pendekatan Think Pair Share Berbasis Saintifik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menuju Siswa Berkarakter. Jurnal Pusat Penjaminan Mutu, 1(1), 1–10.

Mumpuni, A. (2019). Analisa Faktor yang Mempengaruhi Minat Baca Mahasiswa PGSD. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3(2), 123. https://doi.org/10.20961/jdc.v3i2.35229

Mustofa, Z., & Setiyowati, R. (2021). Pembentukan Karakter Pada Siswa Di Sekolah Berasrama Dalam Menghadapi Masalah Sosial. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 8(1), 57–65. https://doi.org/10.36706/jbti.v8i1.12479

Nurizka, R., & Rahim, A. (2019). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pengelolaan Kelas. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 6(2), 189–198. https://doi.org/10.36706/jbti.v6i2.10079

Oktarina, A. (2018). Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi di SD N Golo Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 30 Tahun Ke-7 2018, 30(7), 2.941-2.951. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/viewFile/13513/13060

Priasti, S. N., & Suyatno, S. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 395. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3211

Priscilla, C., & Yudhyarta, D. Y. (2021). Implementasi Pilar-Pilar Pendidikan UNESCO. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(1), 64–76. https://doi.org/10.46963/asatiza.v2i1.258

Rianda, R., Mashudi, & Ulfah, M. (2018). Pengaruh Faktor Internal Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal UNTAN. Ac.Id, 8(April), 1–8.

Riset, D. J. P. D. kemahasiswaan K., & Tinggi, T. dan P. (2016). Buku Ajar Mata Kuliah Wajib Umum Pendidikan Pancasila. Direktorat Jenderal Pembelajaran Dan Kemahasiswaan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi,.

Rispawati, K., Fauzan, A., & Salam, M. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Mata. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKN, 09(01), 1–12.

Ruslan & Wibayanti. (2019). Pentingnya Meningkatkan Minat Baca Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 767–775. www.perpusnas.go.id

Sefrita Zaher, E. (2019). LITERASI MEDIA MAHASISWA DI KOTA PEKANBARU 1 1,2 Sefrita. Studi, Program Komunikasi, Ilmu Media, Literasi, 1(4).

Wadu, L. B., Darma, I. P., & Ladamay, I. (2019). Pengintegrasian Nilai Moral Melalui Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Di SMP. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9(1), 66–70. https://doi.org/10.21067/jip.v9i1.3067

Widiatmaka, P. (2016). Kendala Pendidikan Kewarganegaraan dalam membangun karakter peserta didik di dalam proses pembelajaran. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(2), 188–198. https://doi.org/10.21831/civics.v13i2.12743

Yulisa Wandasari. (2017). IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) SEBAGAI PEMBENTUK PENDIDIKAN BERKARAKTER. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 1(1), 325–343.

Published

2023-05-22

How to Cite

Bambang Trisno, Syawaluddin, Lainah, & Muspardi. (2023). MODEL PEMBELAJARAN LITERASI PADA MATAKULIAH PPKn SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KARAKTER GEMAR MEMBACA MAHASISWA. Bhineka Tunggal Ika; Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKN, 10(1), 67–76. Retrieved from https://jbti.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/article/view/80

Issue

Section

Articles