PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE TERHADAP SIKAP DEMOKRASI

Authors

  • Deni Saputra Akbar Program Studi PPKn FKIP Universitas Jambi
  • Firman Program Studi PPKn FKIP Universitas Jambi
  • Tohap Pandapotan Simaremare Program Studi PPKn FKIP Universitas Jambi
  • Siti Tiara Maulia Program Studi PPKn FKIP Universitas Jambi

Keywords:

Sikap Demokrasi, VCT, PPKn

Abstract

Sikap demokrasi merupakan suatu kepribadian yang bertindak sesui dengan nilai-nilai demokrasi seperti menjunjung tinggi sikap kesamaan derajat, menghargai pendapat, bekerjasama, menghargai perbedaan SARA, berprilaku adil, saling membantu dan berpartisipasi. Namun pada kenyataannya sikap demokrasi pada siswa masih sangat rendah hal tersebut dibuktikan berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di SMA Negeri 8 Muaro Jambi pada mata pelajaran PPKn terdapat sebuah permasalahan yaitu rendahnya sikap demokrasi yang dimiliki oleh siswa masih sangat rendah.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) terhadap sikap demokrasi dalam mata pelajaran PPKn. Penggunaan model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) dalam pembelajaran PPKn bertujuan untuk meningkatkan sikap demokrasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis eksperimen pretest postes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji t  pretest dan posttest untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) terhadap sikap demokrasi siswa. Hasil analisis data pada uji independent simple t test diketahui bahwasannya nilai sig (2tailed) adalah 0,00 atau lebih kecil dari 0,05 (0,00<0,05). Ho ditolak dan Ha diterimaSehigga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) terhadap sikap demokrasi dalam mata pelajaran PPKn pada siswa kelas X IPS di SMA Negeri 8 Muaro Jambi.

 

The attitude of democracy is a personality that acts in accordance with democratic values ​​such as upholding the attitude of equality, respecting opinions, working together, respecting SARA differences, behaving fairly, helping each other and participating. However, in reality the democratic attitude of students is still very low, this is evidenced by the results of initial observations conducted at SMA Negeri 8 Muaro Jambi in Civics subjects, there is a problem, namely the low level of democratic attitudes possessed by students is still very low. The purpose of this study is to determine the effect of the VCT (Value Clarification Technique) learning model on democratic attitudes in Civics subjects. The use of the VCT (Value Clarification Technique) learning model in Civics learning aims to improve students' democratic attitudes. This study uses a quantitative method with the type of pretest posttest experiment. Data analysis techniques in this study were pretest and posttest t tests to determine the effect of the VCT (Value Clarification Technique) learning model on students' democratic attitudes. The results of data analysis on the independent simple t test show that the sig (2 tailed) value is 0.00 or less than 0.05 (0.00 <0.05). Ho is rejected and Ha is accepted. So it can be concluded that there is a significant difference in the influence of the use of the VCT (Value Clarification Technique) learning model on democratic attitudes in Civics subjects in class X IPS students at SMA Negeri 8 Muaro Jambi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astawa, I. Wayan Wira, Made Putra, and I. .. Gede Surya Abadi. 2020. “Pembelajaran PPKn Dengan Model VCT Bermuatan Nilai Karakter Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Siswa.” Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran 3(2):199. doi: 10.23887/jp2.v3i2.25677.

Dachmiati, Sabrina. 2015. “Program Bimbingan Kelompok Untuk Mengembangkan Sikap Dan Kebiasaan Belajar Siswa.” Faktor Jurnal Ilmu Kependidikan II(1):10–21.

Dewi Permatasari. 2017. “PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP SIKAP DEMOKRATIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS III SD NEGERI GEDONGKIWO TUGAS.” 1–166.

Koyimah, Husnul, Lailatul Hidayah, and Miftakhul Huda. 2018. “Pembentukan Perilaku Dan Pola Pendidikan Karakter Dalam Cerpen Rumpelstiltskin Karya Saviour Pirrotta Dan Enam Serdadu Karya Brothers Grimm.” Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia 293:293–306.

Martoni, Martoni, Andrizal Andrizal, and Helbi Akbar. 2019. “Penerapan Teknik Mengklarifikasi Nilai (Value Clarification Technique) Untuk Meningkatkanpemahaman Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 5(2):93–101. doi: 10.18860/jpai.v5i2.5862.

Maulia, Siti Tiara. 2011. “Pemahaman Konsep Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa.” SEMINAR NASIONAL : Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Di Era Reformasi 46–55.

Nurgiansah, T. Heru, Hendri Hendri, and Cep Miftah Khoerudin. 2021. “Role Playing Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan.” Jurnal Kewarganegaraan 18(1):56. doi: 10.24114/jk.v18i1.22597.

Octavia, Erna, and Fety Novianty. 2015. “Implementasi Sikap Demokrasi Dalam Proses.” SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial 2(2):173–82.

Rodiyana, Roni. 2019. “Penerapan Metode Pembelajaran Vct (Value Clarification Technique) Untuk Meningkatkan Sikap Demokratis Siswa Dalam Pembelajaran Pkn Di Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas 5(1):8–18. doi: 10.31949/jcp.v5i1.1140.

Simaremare, Tohap Pandapotan. 2022. “Penguatan Karakter Religius Melalui Program Kebaktian Di Sekolah Menengah Pertama Kristen Badan Pendidikan Kristen (Smpk Bpk) Penabur Cimahi.” Satya Widya 38(1):1–11. doi: 10.24246/j.sw.2022.v38.i1.p1-11.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, Dan R&D. 2017th ed. BANDUNG: 2017.

Sutarjo Adisusilo, J. .. 2013. PEMBELAJARAN NILAI-KARAKTER KONTRUKTIVISME DAN VCT SEBAGAI INOVASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN AFEKTIF. 2013th ed. edited by J. . SUTARJO ADISUSILO. YOGYAKARTA: 2013.

Tukiran Taniredja. 2017. MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF Dan EFEKTIF. 2017th ed. BANDUNG: 2017.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. “UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL.” 4(1):147–73.

Wijaya, Rini, Febry Fahreza, and Agus Kistian. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Mengembangkan Karakter Toleransi Dan Demokrasi Siswa Pada Pembelajaran PKn Kelas V Di SD Negeri Paya Peunaga.” Bina Gogik 6(2):49–60.

Yudia Fauzi, Fadil, Ismail Arianto, and Etin Solihatin. 2013. “Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik.” Ppkn Unj Online 1:1–15.

Published

2023-05-22

How to Cite

Deni Saputra Akbar, Firman, Tohap Pandapotan Simaremare, & Siti Tiara Maulia. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE TERHADAP SIKAP DEMOKRASI. Bhineka Tunggal Ika; Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKN, 10(1), 33–43. Retrieved from https://jbti.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/article/view/76

Issue

Section

Articles