PENGARUH KEGIATAN FORUM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN FKIP UNILA (FORDIKA) TERHADAP PENGEMBANGAN CIVIC SKILL MAHASISWA

Authors

  • Yonanda Pratama Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung
  • Muhammad Mona Adha Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung
  • Rohman Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung

Keywords:

Organisasi, Kemahasiswaan, Fordika, Civic Skill

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan melihat bagaimana pengaruh Kegiatan Forum Pendidikan Kewarganegaraan FKIP Unila (Fordika) terhadap pengembangan Civic Skill Mahasiswa PPKn FKIP Unila. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian yakni Mahasiswa Program Studi PPKn FKIP Universitas Lampung angkatan 2018-2020. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 67 responden dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik angket dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini yakni menggunakan uji regresi sederhana dengan bantuan SPSS versi 20.  Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara pengaruh Kegiatan Forum Pendidikan Kewarganegaraan FKIP Unila (Fordika) terhadap Pengembangan Civic Skill Mahasiswa PPKn FKIP Unila sebesar 50,2 % dengan indikator variabel independen (X) yaitu: Mengembangkan Soft Skill, Menumbuhkan sikap Profesional, dan mengembangkan Social skill. Kemudian dalam indikator variabel dependen (Y) yaitu : Keterampilan Intelektual (Intellectual Skill) dari Keterampilan Partisipasi (Participatory Skill). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Kegiatan Fordika FKIP Unila berpengaruh positif sebesar 50,2 % terhadap Pengembangan Civic Skill Mahasiswa PPKn FKIP Unila.

 

The purpose of this research is to find out and see how the influence the activities of the Fordika FKIP Unila on the Civic Skill development of PPKn FKIP Unila students. The research method used in this study is a descriptive method with a quantitative approach. The research subject is the Student of the PPKn FKIP University of Lampung University Class of 2018-2020. The sample in this study amounted to 67 respondents using random sampling technique. Data collection techniques in the study used questionnaires and interviews. The data analysis technique in this study was using a simple regression test with the help of SPSS version 20. The results showed that there was an influence between the influence of the Fordika FKIP Unila (Fordika) on Civic Skill Development of PPKn FKIP Unila Students by 50.2% with independent variable indicators (X) namely: Developing Soft Skills, Growing Professional Attitudes, and Developing Social Skills. Then the dependent variable indicator (Y) is: Intellectual Skills from Participatory Skills. Thus, it can be concluded that the activities of Fordika FKIP Unila have a positive effect of 50.2% on the Civic Skill Development of FKIP Unila PPKn Students.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnan, Fachri. 2005. Pendidikan Kewarganegaraan (civic education) Pada Era Demokratisasi. Jurnal Demokrasi Vol. IV No. 1 2005

Branson, M.S. 1999. Belajar “Civic Education” dari Amerika (Terjemahan Syarifudin dkk). Yogyakarta: LKIS.

Daftar Pustaka. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Beheshtifar, M. & Norozy, T. 2013. Social Skill: a Factor Employees Success. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences. 3(3)

Bertens, K. 2004. Etika. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Burhan, Wirman. 2017. Pendidikan Kewarganegaraan, Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945. Jakarta : Rajawali Pers.

Cholisin. 2003. PPKn Paradigma Baru dan Pengembangannya dalam KBM. Direktorat PLP Dirjen Dikdasmen. Depdiknas

Hemafitria, Rohany & Novianty. 2014. Pembinaan Karakter Mahasiswa Melalui Organisasi Kemahasiswaan di STKIP-PGRI Pontianak. STKIP-PGRI Pontianak

Hidayah, Y., & Sunarso, S. 2017. Penguasaan Civic Skill aktivis badan eksekutif mahasiswa (studi di Universitas Negeri Yogyakarta). Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(2), 153-164.

Himami, A. N. 2019. Strategi Komunikasi Lingkar Ganja Nusantara (Lgn) Bandung Melalui Instagram (Studi Deskriptif Strategi Komunikasi Lingkar Ganja Nusantara (Lgn) Bandung Melalui Instagram Dalam Mengedukasi Followersnya Tentang Manfaat Ganja Untuk Kesehatan). Skripsi : Universitas Komputer Indonesia).

Irma, Raden & Hidayati. 2020. Peran Social Skills dan Berorganisasi dalam membentuk Employability Skills Mahasiswa Psikologi Universitas Muhammadiyah prof. Dr. Hamka. Biopsikososial ISSN 2599 – 0470 Vol. 4 No. 2 Oktober 2020

Kosasih, K. 2017. Peranan Organisasi Kemahasiswaan Dalam Pengembangan Civic Skill Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(2), 188-198.

Kotler, Philips. 1991. Principle of Marketing: Fifth edition. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Lako, A. 2004. Budaya Organisasi dan Kesuksesan Kinerja Ekonomi. Strategi Organisasi. Yogyakarta: Penerbit Amara Books.

O’brien. James. 2002. Management Information System Managing Technology in the E-Busineess Enterprise. Singapore: McGraw-Hill Book Co.

Pertiwi, M. C., Sulistiyawan, A., Rahmawati, I., & Kaltsum, H. U. 2015. Hubungan Organisasi dengan Mahasiswa dalam Menciptakan Leadership.

Sunarso. 2009. Dinamika Pendidikan Kewarganegaraan di Indonesia dari Rezim ke Rezim. Jurnal Humanika, Vol.9 No.1.

Widodo, Bowo. 2008. Pengembangan Soft Skills di Pendidikan Tinggi. Bandung

Winarno. 2012. Kebijakan Publik: Teori, Proses, dan Studi Kasus. Yogyakarta: CAPS

Wu. 2008. Relationship Among Experiental Marketing, Experiental Value and Customer Satisfaction. Journal of Hospitality and Tourism Research 32(3): 387-410

Published

2023-05-22

How to Cite

Yonanda Pratama, Muhammad Mona Adha, & Rohman. (2023). PENGARUH KEGIATAN FORUM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN FKIP UNILA (FORDIKA) TERHADAP PENGEMBANGAN CIVIC SKILL MAHASISWA. Bhineka Tunggal Ika; Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKN, 10(1), 12–22. Retrieved from https://jbti.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/article/view/74

Issue

Section

Articles