PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN PERMAINAN SOS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR

Authors

  • Ririn Hidayati Program Studi PPKn, FISH, Universitas Negeri Surabaya
  • Roro Nanik Setyowati Program Studi PPKn, FISH, Universitas Negeri Surabaya
  • Fuji Astutik UPT SMP Negeri 18 Gresik

Keywords:

Penilaian Tindakan Kelas, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jigsaw

Abstract

Pendidikan menurut konsep Ki Hajar Dewantara, merupakan sebuah upaya untuk membentuk individu yang berpikir, berdaulat dan merdeka dalam berkehidupan. Salah satu pendidikan paling penting adalah pendidikan yang berkaitan pada pembentukan karakter yang terintegrasi pada mata pelajaran PPKn. Pada penyelenggaraannya disekolah, PPKn dianggap sebagai materi pelajaran yang membosankan karena penguasaannya menuntut siswa untuk menghafalkan materi. Hal ini akan berdampak pada minat peserta didik pada materi pelajaran PPKn. PTK ini dilakukan bertujuan untuk dapat meningkatkan minat belajar peserta didik UPT SMP Negeri 18 Gresik dikelas VIII-I pada Materi Pelajaran Sumpah pemuda dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika dengan memodifikasi antara model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw dengan media permainan SOS. PTK ini dilakukan selama 2 siklus, dengan setiap siklus terdapat 2 kali pertemuan. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa minat peserta didik pada materi pelajaran Sumpah Pemuda dalam Bingkai Bhineka Tunggal semakin meningkat pada siklus 1 ke siklus 2 sebanyak 64%, sehingga dapat disimpulkan bahwa tindakan yang dilakukan telah sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik.

 

Education according to the concept of Ki Hajar Dewantara, is an effort to form individuals who think, are sovereign and independent in life. One of the most important education is education related to character building that is integrated in PPKn subjects. In its implementation at school, PPKn is considered a boring subject matter because its mastery requires students to memorize the material. This will have an impact on students' interest in PPKn subject matter. This PTK aims to increase the interest in learning students of UPT SMP Negeri 18 Gresik in class VIII-I on the Youth Oath Learning Material in the Bhineka Tunggal Ika Frame by modifying the Jigsaw-type Cooperative Learning learning model with SOS game media. This PTK is carried out for 2 cycles, with each cycle there are 2 meetings.The results of the research that has been carried out show that students' interest in the subject matter of Youth Pledge in the Single Bhineka Frame is increasing in cycle 1 to cycle 2 by 64%, so it can be concluded that the actions taken are in accordance with the characteristics and needs of students.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri, Sofan & Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran (Pengaruh Terhadap Mekanisme dan Praktik Kurikulum). Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Asnawi. 2017. Langkah-langkah Penerapan Discovery Learning Dalam Pembelajaran. https://www.pondok-belajar.com/2017/01/langkah-langkah-penerapan-discovery.html. Diakses tanggal 9 November 2020.

Dewantara, Ki Hadjar, 1994, Kebudayaan, Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa, Yogyakarta. ____________________, 2011, Bagian Pertama Pendidikan, Majelis Luhur Persatuan, Yogyakarta.

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669

Hamdayama,J. (2014). Model Dan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Berkarakter. Bogor : Ghalia Indonesia.

Lukiyah, L. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn ( Penelitian Tindakan Kelas) pada Siswa Kelas VI SDN Randuagung 05. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.18592/ptk.v3i1.1058

Mardikayasa, I. M., Wiyasa, I. K. N., & Asri, I. G. A. A. S. (2015). Penerapan Mind Mapping Dalam Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Dan Sikap Sosial Tema Cita-Citaku Pada Siswa Kelas Iva Sd Negeri 29 Pemecutan. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).

Mulyatiningsih, Endang. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Modul Pelatihan Pendidikan Profesi Guru, Universitas Negeri Yogyakarta

Nurgiansah, T. H. (2019). Pemutakhiran Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Kewarganegaraan Universitas Negeri Medan, 1(1), 95–102.

Noviana, E., & Huda, M. N. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS IV SD NEGERI 79 PEKANBARU. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i2.6287

Nurgiansah, T. H., Dewantara, J. A., & Rachman, F. (2020). The Implementation of Character Education in the Civics Education Syllabus at SMA Negeri 1 Sleman. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 5(2). https://doi.org/10.26618/jed.v5i2.3106

Nurgiansah, T. H., Fajar Pratama, F., Sholichah, A., & Nurchotimah, I. (n.d.). PENELITIAN TINDAKAN KELAS DALAM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN.

Nurgiansah, T. H., & Pringgowijoyo, Y. (2020). Pelatihan Penggunaan Model Pembelajaran Jurisprudensial Pada Guru Di KB TK Surya Marta Yogyakarta. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 2(1). https://doi.org/10.31092/kuat.v2i1.661

Nurgiansah, T. H., & Sukmawati. (2020). Tantangan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Jurpis: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 17(2).

Putra, Zetra Hainul. 2014. Buku kuliah terintegrasi Rencana Pembelajaran Sekolah Dasar. Zesya Publisher: Pekanbaru.

Rahmaibu, F. H., Ahmadi, F., & Prasetyaningsih, F. D. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 7(1).

Sari, H. N. M. (2014). Implementasi Metode Vak (Visual Auditori Kinestetik) Guna Meningkatakan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pkn Materi Penegakan Ham ( Kelas X Bina Prestasi 2 Di Man 2 Ponorogo Tahun 2013 / 2014). Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Sudjana, N. (2002). Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suwastana, I. W. (2016). Penerapan pembelajaran melalui model kooperatif numbered heads together siswa kelas V SDN No 1 Tonggolobibi untuk meningkatkan prestasi belajar PKn. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(1).

Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video pada Pembelajaran PKn di Sekolah Paket C. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1).

Yulianingrum, K. (2014). Kompetensi Profesionalisme Guru Pendidikan Kewarganegaraan Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan (Studi Kasus Guru PKn di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta). Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wiriatmaja.2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Dan Dosen. Bandung: Remaja Rosdakarya Karya

Published

2023-11-24

How to Cite

Ririn Hidayati, Roro Nanik Setyowati, & Fuji Astutik. (2023). PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN PERMAINAN SOS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR. Bhineka Tunggal Ika; Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKN, 10(2), 240–251. Retrieved from https://jbti.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/article/view/63

Issue

Section

Articles