UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS KARYA TULIS ILMIAH SKRIPSI MELALUI WORKSHOP DAN COACHING

Authors

  • Nurmalia Dewi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Jambi
  • Hendra Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Jambi
  • Khoirunnisa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Jambi

Keywords:

Penulisan Skripsi, Workshop, Coaching

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas karya ilmiah skripsi mahasiswa prodi PPKn Universitas Jambi. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh penulis kepada ketua program studi PPKn perlu diadakan peningkatan dalam penulisan skripsi kepada mahasiswa. Kegiatan penelitian dilakukan dengan tiga tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kesimpulan yang didapatkan ialah melalui kegiatan workshop dan coaching mahasiswa sudah bisa menghasilkan proposal penelitian yang memenuhi ketentuan penulisan skripsi dari Universitas Jambi.

 

This research aims to improve the quality of thesis scientific work of Jambi University PPKn study program students. Based on initial observations made by the author to the head of the PPKn study program, there needs to be improvement in thesis writing for students. Research activities were carried out in three stages, namely planning, implementation and evaluation. Data was collected through interviews, observation and documentation. The conclusion obtained is that through workshops and coaching activities, students can produce research proposals that meet the thesis writing requirements of Jambi University.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Saskhia Dewi. 2017. Fishbone Diagram. Binus Higher Education.

Borang Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Darmanah. Garaika, Metodologi Penelitian, Lampung Selatan: CV Hira Tech, 2019

Djatmiko, IW, dkk. Strategi Penulisan Skripsi, Tesis, Disertasi Bidang Pendidikan, Yogyakarta: UNY Press. 2018.

Hendra, dkk (2022).Penguatan Pemahaman Metodologi Penelitian Kualitatif Mahasiswa Melalui Bimbingan Teknis Pada Mahasiswa PPKn PIPS Universitas Jambi. ESTUNGKARA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 Desember (2022) Hal. 64-73.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Coaching. Jakarta: PSDMPK & PMP.

Keputusan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 13/K.1/PDP.07/2022 tentang Pedoman Penyelenggaraan Latsar CPNS.

Khairani.(2022). Jurnal Kinerja Kependidikan Facilities of Educator Career and Educational Scientific Information.Vol. 2, No.3.pISSN 2715–7741 eISSN 2715–7423.

FKIP Unja.Panduan Penulisan Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi 2018.

Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

Peraturan Pemerintah Nomor 37 tahun 2009 tentang Dosen.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2015 tentang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tugas dan fungsi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Perlan Nomor 10 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Perlan Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pelatihan Dasar CPNS.

PP Nomor 11 Tahun 2017 jo. PP Nomor 17 Tahun 2020 tentang Manajemen PNS.

Renstra Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan Universitas Jambi.

Safitri, B.R.A, dkk. 2021. Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia UNDIKMA. Abdi Masyarakat. Vol. 3. No. 2. Desember 2021

Suprijanto.2008. Pendidikan Orang Dewasa. Jakarta: Bumi Aksara.

Surat Edaran Menpan RB Nomor 20 Tahun 2021 tentang implementasi Core Value ASN.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Published

2023-11-24

How to Cite

Nurmalia Dewi, Hendra, & Khoirunnisa. (2023). UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS KARYA TULIS ILMIAH SKRIPSI MELALUI WORKSHOP DAN COACHING. Bhineka Tunggal Ika; Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKN, 10(2), 231–239. Retrieved from https://jbti.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/article/view/62

Issue

Section

Articles