PEMBINAAN SIKAP DEMOKRATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PPKN DI SDN 17 REJANG LEBONG

Authors

  • Atika Susanti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu
  • Ady Darmansyah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Tangerang Raya
  • Kristian Harianto Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu

Keywords:

Sikap Demokratis, Pembelajaran, PPKn, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Sekolah merupakan lingkungan yang dirancang untuk mempersiapkan siswa menjadi calon warga negara yang baik. Salah satu tujuan SDN 17 Rejang Lebong adalah memberikan keterampilan dasar kepada siswa untuk menyesuaikan diri di masyarakat. Pembentukan calon warga negara yang baik merupakan tujuan khusus pembelajaran PPKn. Salah satu sikap yang harus dikembangkan untuk menjadi warga Indonesia yang baik adalah demokratis. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan pembinaan sikap demokratis siswa kelas VI melalui pembelajaran PPKn di SDN 17 Rejang Lebong. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data adalah lembar pedoman observasi, lembar wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan melakukan kegiatan data collection, data condensation, data display, conclusion drawing. Simpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan sikap demokratis melalui pembelajaran PPKn di kelas VI SDN 17 Rejang Lebong dilaksanakan dalam kegiatan diskusi kelompok, pembelajaran dengan praktik pemilihan ketua kelas, penerapan model pembelajaran yang menyenangkan berupa permainan. Kegiatan pembinaan ini terus berkembang pada ranah praktis.

 

School is an environment designed to prepare students to become good citizens. One of the goals of elementary school 17 Rejang Lebong is to provide students with basic skills to adapt to society. The formation of good prospective citizens is the specific goal of Civics learning. One of the attitudes that must be developed to become a good citizen of Indonesia is democracy. The aim of the research was to describe the development of the democratic attitude of class VI students through Civics learning at elementary school 17 Rejang Lebong. The research method used by researchers is descriptive qualitative. Data collection techniques using observation techniques, interviews and documentation. The data collection instruments were observation guide sheets, interview sheets and documentation. Data were analyzed by carrying out data collection activities, data condensation, data display, conclusion drawing. The conclusions from the results of the study indicate that fostering democratic attitudes through Civics learning in class VI of elementary school 17 Rejang Lebong is carried out in group discussion activities, learning by practicing selecting class leaders, applying fun learning models in the form of games. This coaching activity continues to develop in the practical realm.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhwani. (2019). Strategy of Digital Etiquette Education of Elementary School Student. Journal of Elementary Education, 3(2), 43.

Ali, A. M. (2018). Pendidikan Karakter: Konsep dan implementasinya. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=fT3NDwAAQBAJ

Asmaroini, A. P., Prihma, D., & Utami, S. (2017). Pelaksanaan Pendidikan Demokrasi Siswa SMA di Kabupaten Ponorogo. JPPKn (Jurnal Ilmiah Pendidikan Kewarganegaraan), 2(2), 79–84.

Astuti, H. P. dan, & Wuryandani, W. (2017). Analisis Nilai-Nilai Karakter pada Buku Guru dan Buku Siswa Kelas IV Semester 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karekter, 7(2), 226–239.

Darmansyah, A., Susanti, A., & Sianturi, H. (2023). Aktualisasi Pengembangan Nilai Demokrasi Siswa SDN 03 Bengkulu Tengah. EduBase: Journal of Basic Education, 4(2), 223-234. https://doi.org/10.47453/edubase.v4i2.864.

Darmansyah, A., Djuwita, P., & Muktadir. A. (2022). Analisis Relevansi Nilai-Nilai Moral Ritual Sekujang Suku Serawai dalam Pembelajaran PPKn Tematik Terpadu Siswa Kelas V SDN 81 Seluma. Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 5(2), 334–345. https://doi.org/10.33369/jp3d.v5i2.15338

Dundar, H. (2013). Relationship between values owned by teacher candidates and their democratic attitudes. The Journal of Academic Social Science Studies, 6(2), 367–381.

Gultom, Z. A., & Savitri, J. (2021). Hubungan Teacher Support dengan School Engagement Pada Siswa SMP “X” di Bandung. Jurnal Psikologi MANDALA 2021, 5(1), 29–42. https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/mandala/article/view/1628

Hayati, M. (2014). Desain Pembelajaran. Pekanbaru: Yayasan Pustaka Riau.

Kula, S. S., & AytaÇ, T. (2022). Comparative Analysis of Democratic Attitude and Value Perceptions of School Administrators, Teachers, Preservice Teachers and Students: A Meta-Analysis Study. International Journal of Psychology and Educational Studies, 9(1), 244–261. https://doi.org/10.52380/ijpes.2022.9.1.558

Maolia, N., Bramasta, D., & Andriani, A. (2020). Sikap Toleransi dan Tanggung Jawab Siswa Kelas V SD Negeri 1 Patikraja. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 9(1), 22–29. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v9i1.3866

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=3CNrUbTu6CsC

Mujiwati, Y. (2017). Nilai-Nilai Demokrasi Dalam Islam Untuk Membangun Karakter Masyarakat. Jurnal Kajian Islam, 1(2), 180–189.

Pradana, Y., & Komalasari, K. (2023). Aktualisasi Warga Global yang Humanis. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik PKN, 10(01), 1–11.

Puspitasari, E., Sumarmi., & Amirudin, A. (2016). Integrasi Berpikir Kritis dan Peduli Lingkungan Melalui Pembelajaran Geografi dalam Membentuk Karakter Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(2), 122–126. doi: 10.17977/jp.v1i2.6106.

Rahayu, N. K. S., & Suarnadi, D. K. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Bermuatan Nilai Karakter Bangsa Terhadap Sikap Demokrasi Siswa di SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 71–80. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi

Rini, N. D. A. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi Melalui Pembelajan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(3), 164–168. https://doi.org/10.30738/trihayu.v3i3.1882

Rodiyana, R. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) untuk Meningkatkan Sikap Demokratis Siswa Dalam Pembelajaran PKN di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 8-18. DOI: 10.31949/jcp.v5i1.1140

Rohman., Suntoro, I., Adha, M. dan, & Yanzi, H. (2020). Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Aplikasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa. Kajian Teori Dan Praktik PKn, 7(2), 152–160.

Sinta, L. Malaikosa, Y.M.L. & Supriyanto, D.H. (2022). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3193–3202. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2326

Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sultonurohmah, N., Penanaman, S., Karakter, N., Stai, N. S., & Tulungagung, D. (2017). Strategi Penanaman Nilai Karakter Jujur dan Disiplin Siswa. Jurnal Allbtida’, 5(2), 1–21.

Susanti, A., & Darmansyah, A. (2022). Analisis Makna dan Nilai Moral dalam Pantun Tradisi Sekujang: Sesuaikah Menjadi Materi Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar?. Eduprof : Islamic Education Journal, 4(2), 80-104. https://doi.org/10.47453/eduprof.v4i2.143

Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 25(2), 155–167. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.897

Sutiyono, & Suharto, D. (2018). Reformasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Menguatkan Nasionalisme Warga Negara Muda di Wilayah Perbatasan. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2), 1–16.

Ulfah, R. A., Prasetyo, D., & Marzuki. (2018). Pengaruh Model PBM Dalam Pembelajaran PPKn Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Demokratis. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2), 126–139. http://e-journal.unipms.ac.id/index.php/citizenship

Vichaully, Y., & Dewi, D. A. (2021). Penerapan Nilai Demokrasi di Kelas Sekolah Dasar Sebagai Bentuk Bagian Dari Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Rhizome: Jurnal Kajian Ilmu Humaniora, 1(11).

Wadu, L. B. (2016). Partisiasi Masyarakat dalam Pembangunan Berkelanjutan Bidang Kebudayaan (Studi Fenomenologi: Konversi Belis Gading Gajah Dalam Upacara Adat Perkawinan Masyarakat Lamaholot Di Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur). Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 15(2), 57–74.

Wardan, K. (2019). Guru Sebagai Profesi. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=DHmfDwAAQBAJ

Wardani, H., Lubis, E., & Lisdayanti, S. (2023). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila. Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandira Cendikia, 2(2), 1–5. Retrieved from http://journal-mandiracendikia.com/index.php/pkm/article/view/235

Wibowo, A. (2012). Pendidikan karakter: strategi membangun karakter bangsa berperadaban. Pustaka Pelajar. https://books.google.co.id/books?id=Po-jMQEACAAJ

Widiatmaka, P. (2016). Kendala Pendidikan Kewarganegaraan dalam membangun karakter peserta didik di dalam proses pembelajaran. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(2), 188–198. https://doi.org/10.21831/civics.v13i2.12743

Winarni, E. W. (2021). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=Fx0mEAAAQBAJ

Wuryandani, W., Maftuh, B., & Budimansyah, D. (2014). Internalisasi Nilai Karakter Disiplin Melalui Penciptaan Iklim Kelas yang Kondusif di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karekter, 4(1), 175–184.

Published

2023-11-24

How to Cite

Atika Susanti, Ady Darmansyah, & Kristian Harianto. (2023). PEMBINAAN SIKAP DEMOKRATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PPKN DI SDN 17 REJANG LEBONG. Bhineka Tunggal Ika; Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKN, 10(2), 207–215. Retrieved from https://jbti.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/article/view/59

Issue

Section

Articles