PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VCT DAN IMPLIKASINYA TERHADAP TEORI BELAJAR HUMANISTIK DALAM MEMBENTUK NILAI MORAL PESERTA DIDIK

Authors

  • Siska Damayanti Mahasiswa Program Magister Pendidikan Kewarganegaraan FPIPS Universitas Pendidikan Indonesia
  • Wafa Khairunisa Mahasiswa Program Magister Pendidikan Kewarganegaraan FPIPS Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nur Fajriani Mahasiswa Program Magister Pendidikan Kewarganegaraan FPIPS Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

Model VCT, PPKn, Humanistik, Nilai Moral

Abstract

Perkembangan zaman dan teknologi semakin membuat dunia pendidikan menghadapi persoalan krisis nilai moral dan karakter yang semakin memprihatinkan. Oleh karena itu dibutuhkan adanya variasi model pembelajaran dalam pendidikan kewarganegaraan yang berfokus kepada pembinaan nilai moral atau afektif peserta didik sebagai warga negara muda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran VCT pada pembelajaran PPKn dan implikasinya terhadap teori belajar humanistik dalam membentuk nilai moral peserta didik di SMP Negeri 70 Bandung. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan  model pembelajaran VCT dan implikasinya terhadap teori humanistik dalam membentuk nilai moral kejujuran dan tanggung jawab dilakukan dengan tahap: (1) tahap persiapan dengan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran, (2) tahap penayangan, pengamatan, dan analisis isi video, (3) presentasi hasil pengamatan dan analisis video, (4) tahap klarifikasi nilai, (5) tahap verifikasi dan kesimpulan, (6) tahap rencana implementasi nilai-nilai kehidupan.

 

The development of the times and technology has increasingly made the world face the problem of a crisis of moral values and character that is increasingly apprehensive. Therefore, it is necessary to have a variety of learning models in civics education that focus on fostering the moral or affective values of students as young citizens. The purpose of this study was to determine the application of the VCT learning model to civics learning and its implications for humanistic learning theory in shaping the moral values of students at SMP Negeri 70 Bandung. This is qualitative research with a descriptive method. The results of the study show that the application of the VCT learning model and its implications for humanistic theory in forming the moral values of honesty and responsibility is carried out in the following stages: (1) the preparation stage by preparing a lesson plan; (2) the stage of showing, observing, and analyzing video content; (3) the presentation of observation and analysis results; (4) the value clarification stage; (5) the verification and conclusion stage; and (6) the life values implementation plan stage.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, N., & Hamid, S. I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Vct Terhadap Penalaran Moral Siswa Dalam Pembelajaran Pkn Sd. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 2(1), 72–73. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JMK

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Astawa, I. W. W., Putra, M., & Abadi, I. . G. S. (2020). Pembelajaran PPKn dengan Model VCT Bermuatan Nilai Karakter Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 207. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25677

Creswell, J. (2015). Riset Pendidikan. Pustaka Belajar.

Dewi, N. R., Nisa, K., & Jiwandono, I. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Tehnique (VCT) Tipe Percontohan Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Muatan PPKN Kelas IV SDN 3 Peresak Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1468. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/download/265/228

Febriany, F. S., Risdiany, H., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implikasi Model Pembelajaran VCT ( Value Clarification Technique ) dalam Meningkatkan Kesadaran Nilai Moral pada Pembelajaran PKn di SD Farah Sabilla Febriany 1  , Hani Risdiany 2 , Dinie Anggraeni Dewi 3 , Yayang Furi Furnamasari 4. Jurnal Basicedu, 5(6), 5053. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Ibrahim, T., & Hendriani, A. (2017). Kajian Reflektif Tentang Etika Guru Berbalut Filsafat Moral Utilitarianisme. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 139.

Jumala, N. (2017). Memahami Tingkatan Spiritual Manusia Dalam Mendeteksi Krisis Nilai Moral. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik Universitas Medan Area, 5(1), 44. https://doi.org/10.31289/jppuma.v5i1.1134

Khairunisa, W., & Damayanti, S. (2023). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan bagi Suatu Negara pada Generasi Milenial Abad-21. Jurnal Ideas: Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(1), 40. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i1.1209

Kinanti, G., Chotimah, U., & Alfiandra. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran VCT Tipe Analisis Nilai dalam Meningkatkan Nilai Moral Siswa pada Mata Pelajaran PPKn di SMAN 2 Tanjung Raja. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 4(2), 8.

Komalasari, K. (2017). Pembelajaran Kontekstual (Konsep dan Aplikasi). PT Refika Aditama.

Komalasari, K., & Saripudin, D. (2022). Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasi Living Values Education. Refika Aditama.

Lickona, T. (2019). Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa menjadi Pintar dan Baik. Nusamedia.

Lifa, M., Sulistyarini, & Dewantara, J. A. (2020). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) untuk Meningkatkan Nilai Moral Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 4(4), 3829–3840. https://jbasic.org/index.php/basicedu/index%0AAnalisis

Muis, A. A. (2013). Prinsip-prinsip Belajar dan Pembelajaran. Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(1), 29.

Mustari, M. (2011). Nilai Karakter. LaksBang PRESSindo.

Nurazizah, T. S., Ulfiah, Z., Dewi, D. A., & Hamid, S. I. (2021). Membangun Karakter Bangsa melalui Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah. Jurnal Basicedu, 5(6), 5406. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1671

Saihu, S. (2019). Konsep Manusia Dan Implementasinya Dalam Perumusan Tujuan Pendidikan Islam Menurut Murtadha Muthahhari. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 198. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i2.54

Schunk, D. H. (2012). Learning Theories an Educational Perspective (Edisi Keenam). Pustaka Belajar.

Zuriah, N. (2019). Pendidikan Moral dan Budi Pekerta dalam Perspektif Perubahan (Menggagas Platform Pendidikan Budi Pekerti secara Kontekstual dan Futuristik). PT Bumi Aksara.

Published

2023-11-24

How to Cite

Siska Damayanti, Wafa Khairunisa, & Nur Fajriani. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VCT DAN IMPLIKASINYA TERHADAP TEORI BELAJAR HUMANISTIK DALAM MEMBENTUK NILAI MORAL PESERTA DIDIK. Bhineka Tunggal Ika; Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKN, 10(2), 183–195. Retrieved from https://jbti.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/article/view/57

Issue

Section

Articles