IMPLEMENTASI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH ADIWIYATA

Authors

  • Ika Murtiningsih Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Siti Fatimah Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Toni Harsan Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Mar’ah Sholikhah Sumardi Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Ayyuasy Hanifah Universitas Veteran Bangun Nusantara

Keywords:

Karakter, Peduli Lingkungan, Adiwiyata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi karakter peduli lingkungan di sekolah adiwiyata, faktor-faktor penghambat dan tantangan serta solusi dalam implementasi karakter peduli lingkungan di sekolah adiwiyata. Pendekatan penelitian yaitu dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yakni penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik, guru, dan wakil kepala sekolah SMP Negeri 2 Sukoharjo. Teknik pengumpulan data penelitian antara lain wawancara, observasi serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi karakter peduli lingkungan di SMP Negeri 2 Sukoharjo sebagai sekolah Adiwiyata yakni: a) warga sekolah harus mempunyai wawasan mengenai lingkungan, b) menerapkan kurikulum berbasis lingkungan, c) mengembangkan isu lokal maupun global  dalam pembelajaran, d) melakukan pembiasaan-pembiasaan peduli lingkungan, dan lain-lain. Faktor penghambatnya yaitu: a) kurangnya kesadaran diri peserta didik dalam mengikuti kegiatan program Adiwiyata sekolah, b) sarana dan prasarana yang belum memadai, c) kurangnya kekompakan dan kebersamaan warga sekolah dalam melaksanakan kegiatan peduli lingkungan, dan lain-lain. Solusi implementasi karakter peduli lingkungan di sekolah Adiwiyata yakni a) Menciptakan lingkungan yang kondusif dalam mendukung program Adiwiyata melalui kegiatan-kegiatan program sekolah, b) Menguatkan perilaku peserta didik dengan melakukan pembiasaan-pembiasaan positif yang mendukung pengembangan karakter peduli lingkungan yang diimplementasikan melalui pembelajaran dan kebiasaan di sekolah, c) Memberikan pengetahuan melalui sosialisasi mengenai kepedulian lingkungan terhadap peserta didik yang berdampak pada kesehatan, dan lain-lain.

 

This study aims to determine the implementation of the character of caring for the environment in Adiwiyata schools, the inhibiting factors and challenges and solutions in implementing the character of caring for the environment in Adiwiyata schools. The research approach is to use a qualitative approach with the type of research that is descriptive qualitative research. The subjects in this study were students, teachers, and vice principals of SMP Negeri 2 Sukoharjo. Research data collection techniques include interviews, observation and documentation. The results of the study show that the implementation of the character of caring for the environment at SMP Negeri 2 Sukoharjo as an Adiwiyata school is: a) school members must have insight into the environment, b) implement an environment-based curriculum, c) develop local and global issues in learning, d) carry out environmental care habits, and others. The inhibiting factors are: a) lack of self-awareness of students in participating in school Adiwiyata program activities, b) inadequate facilities and infrastructure, c) lack of cohesiveness and togetherness of school members in carrying out environmental care activities, and others. The solution for implementing the character of caring for the environment in Adiwiyata schools is a) Creating a conducive environment in supporting the Adiwiyata program through activities that have been programmed by the school, b) Strengthen the behavior of students by carrying out positive habits that support the development of environmental care characters that are implemented through learning and habits at school, c) Providing knowledge through outreach regarding environmental awareness to students that has an impact on health, and and others.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, A. F. (2014). Analisis Implementasi Kebijakan Kurikulum Berbasis Lingkungan Hidup pada Program Adiwiyata Mandiri di SDN Dinoyo Malang. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 166-168.

Afriyeni, Y. (2018). Pembentukan Karakter Anak untuk Peduli Lingkungan yang Ada di Sekolah Adiwiyata Mandiri SDN 6 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 123-133.

Azmi, F., & Elfyetti. (2017). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Siswa Melalui Program Adiwiyata di SMA Negeri 1 Medan. Jurnal Geografi, 9(2), 125-132.

Desfandi, Mirza. (2015). Mewujudkan masyarakat Berkarakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata. Jurnal Sosio Didaktika: Social Science Education Journal, 2 (1): 36.

Fathurrohman, Pupuh, dkk. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hamzah, Syukri. (2013). Pendidikan Lingkungan: Sekelumit Wawasan Pengantar. Bandung: PT Refika Aditama.

Hidayatun, N. L. (2016). Studi Deskriptif Pelaksanaan Program Adiwiyata di SD Muhammadiyah Tonggalan Klaten. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1948-1950.

Iswari, D. R & Utomo, S.W (2017). Evaluasi Penerapan Program Adiwiyata untuk Membentuk Perilaku Peduli Lingkungan. Jurnal Ilmu Lingkungan, 15(1): 36- 37. Retrieved from https://ejournal. undip.ac.id/ index.php/ilmulingkungan/ article/view/13012.

Kementerian Negara Lingkungan Hidup. (2013). Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 08 Tahun 2013 tentang Tata Laksana Penilaian dan Pemeriksaan Dokumen Lingkungan Hidup. Jakarta.

Krajhanzl, J. (2010). Environmental and Pro-Environmental Behavior. School and Health, 21, 251-274.

Lickona, Thomas. (1991). Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Bantam books.

Moleong, Lexy J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muhammad. (2017). Pelaksanaan Program Adiwiyata dalam Mendukung Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan di SD Negeri 4 Pandeglang. Jurnal Pendidikan Geografi, 17(1): 25-36.

Mukani dan Sumarsono, T. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Berbasis Adiwiyata pada Mata Pelajaran Fiqih di MTSN Tambakberas Jombang. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 5(2): 181-200.

Mumpuni, A. (2016). Muatan Nilai-nilai Karakter pada Buku Teks Kurikulum 2013 Pegangan Guru dan Pegangan Siswa Kelas II. Jurnal Pendidikan Karakter, 18-19.

Panduan Adiwiyata. (2012). Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Jakarta: Kerjasama Kementrian Lingkungan Hidup dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Permendiknas. (2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Pendidikan Nasional. Jakarta: Permendiknas.

Rahmah, Yanti Dwi dkk. (2014). Implementasi Program Sekolah Adiwiyata. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 2 (4): 756.

Tim Teknis Kementrian Lingkungan Hidup RI. (2012). Panduan Singkat Menjadi Sekolah Adiwiyata. Jakarta: Kementrian Lingkungan Hidup RI.

Trahati M. R. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar Negeri Tritih Wetan 05 Jeruklegi Cilacap. Jurnal Ilmu Pendidikan.

Wiyani, Novan Ardy. (2013). Konsep, Praktik dan Strategi Membumikan Pendidikan Karakter di SD. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Yuanita, et al. (2019). Pendidikan Lingkungan Hidup. Bangka Belitung: STKIPMBB Press.

Published

2023-11-23

How to Cite

Ika Murtiningsih, Siti Fatimah, Toni Harsan, Mar’ah Sholikhah Sumardi, & Ayyuasy Hanifah. (2023). IMPLEMENTASI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH ADIWIYATA. Bhineka Tunggal Ika; Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKN, 10(2), 150–159. Retrieved from https://jbti.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/article/view/54

Issue

Section

Articles