MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI PENERAPAN METODE GALLERY WALK BERHADIAH

Authors

  • Wendy Anugrah Octavian Universitas Muhammadiyah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.36706/jbti.v11i1.44

Keywords:

Metode Gallery walk, Keaktifan, Pendidikan Pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar mahasiswa pada Mata Kuliah Pendidikan Pancasila di prodi STR Gizi Poltekkes Kemenkes Palembang dengan penerapan metode Gallery walk berhadiah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahapan dari penelitian tindakan kelas ialah planning, acting, observating dan reflecting. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini secara kualitatif yaitu dengan melakukan observasi atau pengamatan langsung dari kegiatan yang proses pembelajaran yang sedang dilakukan. Analisa data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yang disertai dengan analilis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata  keaktifan mahasiswa dari siklus satu ke siklus dua. Pada siklus pertama rata-rata keaktifan mahasiswa sebesar 60,61% aktif dalam proses pembelajaran. Selanjutnya, pada sikus kedua seteah menerapkan metode gallery walk dalam proses pembelajaran terjadi peningkatan persentase sebesar 24,6% sehingga persentase keaktifan mahasiswa pada siklus kedua menjadi 85,20%.  Selain terjadinya peningkatan persentase keaktifan mahasiswa, melalui penerapan metode gallery walk ini. mahasiswa juga menghasilkan produk berupa mading kelompok yang menggambarkan mengenai berbagai materi kajian Pancasila dan masing-masing kelompok dapat bertukar informasi materi Pancasila yang dibahasnya dan disusunnya.

 

This research aims to increase student learning activeness in the Pancasila Education Course in the STR Nutrition Study Program at the Health Polytechnic of the Ministry of Health in Palembang by implementing the Gallery walk method with prizes. This research uses a qualitative approach with the type of Classroom Action Research (PTK). The stages of classroom action research are planning, action, observation and reflection. The data collection technique in this research is qualitative, namely by making observations or direct observations of the activities in the learning process that are being carried out. Data analysis used in this research uses descriptive analysis accompanied by quantitative and qualitative data analysis. The results of this study showed that there was an increase in the average student activity from cycle one to cycle two. In the first cycle, the average student activity was 60.61% active in the learning process. Furthermore, in the second elbow after applying the gallery walk method in the learning process there was an increase in the percentage of 24.6% so that the percentage of student activity in the second cycle became 85.20%. In addition to increasing the percentage of student activity, through the application of this gallery walk method. Students also produce products in the form of group media which describe various Pancasila study materials and each group can obtain information on the Pancasila material that was discussed and compiled.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin & Sumendap, Susan Yurike, Linda. (2022). 164 Model Pembelajaran. Bekasi: Pusat penerbit LPPM Universaitas 45 Bekasi.

Fauziah, A. (2021). Tujuan Dan Manfaat Ptk. Penelitian Tindakan Kelas: Teori Dan Penerapannya, 13.

Helmiati. (2016). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Ismail. (2010) Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM : Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, efektif, dan Meneyenangkan. Semarang: RaSAIL Media Group.

Kurniawati, D. D. (2010). Pengaruh Metode Mind Mapping dan Keaktifan Belajar Peserta didik terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada Peserta didik Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010, (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2010), 24-26

Laura, at.al. (2014). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Indeks.

Narwati, N. (2023). PENERAPAN METODE GALLERY WALK BERHADIAH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGERAHUAN ALAM (IPA). Lokakarya Journal of Research and Education Studies, 1(2), 65-76.

Riandari, H. (2012). “Peningkatan Keaktifan dan Pemahaman Siswa Kelas VIII-B Semester 4 pada Mapel Biologi melalui Guided Inquiry di SMP Negeri 26 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012”, (Seminar Nasional IX Pendidikan Biologi FKIP UNS, 2012).

Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6059.

Ronoili, R., Imamora, M., & Lizelwati, N. (2019). Penerapan Metode Gallery Walk Terhadap Pembentukan Sikap Dan Keaktifan Santri Pondok Pesantren Darussalam Sitiung 1 Kab. Dharmasraya. (Sainstek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 11(2)), 46. https://doi.org/10.31958/js.v11i2.1832], 269.

Rusman, Maftukhin, A., & Nurhidayati. (2012). “Pemanfaatan Model Snowball Throwing untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA pada Siswa Kelas VIII-E SMP Negeri 22 Purworejo. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, Vol 1 No. 1, (2012), 87–90. https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/386

Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Sanjaya, W. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenamedia Group.

Silberman, L. Melvin. (2010). 101 More Ways To Make Training Active. Canada: Wiley, Simultaneously in Canada.

Silberman, L. Melvin. (2015). Teaching For Diversitu And Social Justice. New York: Routledge.

Siti, Adoti. (2015) “Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Dengan Menggunakan Metode “Gallery Walk” pada Siswa Kelas VII SMP Ma’arif II Ponorogo Tahun Ajaran 2014/2015,(http://eprints.umpo.ac.id/1221/),(Skripsi-UniversitasMuhamadiyah Ponorogo, 2015), 18.

Yuni, & Darwin. (2019). ”Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Pada Pelajaran Ekonomi Kelas X”, (Journal: Equilibrium, Volume 7, Nomor 2, JULI 2019, 7), 125–136.

Yuyuk, Umi Kulsum, (2020). “Penerapan Metode Gallery Walk Terhadap Pembelajaran Pendidikan Biologi Kelas X1 SMA 4 Luwu (http://repository.uncp.ac.id/781) (Skripsi-Universitas Cokroaminoto Palopo, 2020), 5.

Widayati, A. (2008). Penelitian tindakan kelas. Jurnal pendidikan akuntansi indonesia, 6(1).

Wibowo, Nugroho. 2016. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari.†Elinvo (Electronics, Informatics, And Vocational Education) 1 (2): 12839. Https://Doi.Org/10.21831/Elinvo.V1i2.10621.

Published

2024-05-17

How to Cite

Wendy Anugrah Octavian. (2024). MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI PENERAPAN METODE GALLERY WALK BERHADIAH. Bhineka Tunggal Ika; Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKN, 11(1), 61–68. https://doi.org/10.36706/jbti.v11i1.44

Issue

Section

Articles