ANALISIS NILAI-NILAI PATRIOTISME DAN NASIONALISME PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PASKIBRA

Authors

  • Silvi Purnama Sari Universitas Sriwijaya
  • Mariyani Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.36706/jbti.v11i1.39

Keywords:

Nilai-Nilai, Patriotisme, Nasionalisme, Paskibra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai patriotisme dan nasionalisme peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler Paskibra di UPT SMA Negeri 2 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, teknik pengambilan data sampel dalam penelitian ini penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sehingga informan dalam penelitian ini berjumlah 3 orang informan utama dan 1 orang informan pendukung, teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa nilai-nilai patriotisme dan nasionalisme peserta didik yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Paskibra yaitu tingginya rasa nasionalisme dalam menggunakan Bahasa Indonesia, pengetahuan sejarah kemerdekaan, keterlibatan aktif dalam kegiatan Paskibra, dan partisipasi dalam perayaan HUT RI dan Lomba Paskibra. Peserta didik juga menunjukkan sikap rela berkorban dengan ketaatan terhadap instruksi pelatih, termasuk menerima sanksi dan terlibat dalam latihan fisik intens. Selain itu, nilai keyakinan dan kerjasama tim sangat ditekankan, menunjukkan kesadaran akan pentingnya persatuan dalam keberagaman. Kesadaran untuk berbuat yang terbaik bagi negara tercermin dalam pematuhan tata tertib sekolah, partisipasi dalam kegiatan bakti sosial, dan menjadi contoh positif bagi sesama peserta didik.

 

This study aims to determine the values of patriotism and nationalism of students through Paskibra extracurricular activities at UPT SMA Negeri 2 Palembang. This research used a qualitative approach with a case study method, the data sampling technique in this study used purposive sampling technique so that the informants in this study amounted to 3 main informants and 1 supporting informant, data collection techniques were carried out through documentation and interviews. Based on data analysis, it is concluded that the patriotism and nationalism values of students who take part in Paskibra extracurricular activities are a high sense of nationalism in using Indonesian, knowledge of the history of independence, active involvement in Paskibra activities, and participation in Indonesian Independence Day celebrations and Paskibra competitions. Learners also demonstrate a self-sacrificing attitude by obeying the coach's instructions, including accepting sanctions and engaging in intense physical training. In addition, the value of faith and teamwork is strongly emphasized, showing awareness of the importance of unity in diversity. The awareness to do the best for the country is reflected in the observance of school rules, participation in social service activities, and being a positive example to fellow learners

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi et al., 2023. (2023). Kurangnya Rasa Nasionalisme pada Anak: Tantangan dan Upaya Penguatan Identitas Nasional di Era Kontemporer Developing High Order Thinking Stimulation Model for Pre-Service Teachers’ Science Education View project. August. https://www.researchgate.net/publication/372958986

Aisyah. (2018). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya (pertama). KENCANA.

Hasanah, S. U. (2019). Kegiatan Ekstrakurikuler Paskibra Dalam Rangka Pembinaan Karakter Semangat Kebangsaan Siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(2), 211. https://doi.org/10.31571/pkn.v3i2.1443

Kemendikbud. (2017). Peraturan Presiden RI No. 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2017. Sekretariat Kemendikbud.

Krishna, I. B. W. (2021). Sura Magadha: Patriotisme Dan Nasionalisme Warga Banjar Dalam Perang Banjar Tahun 1868. Pramana: Jurnal Hasil Penelitian, 1(1), 21–31. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/pramana/article/view/1846

Lestari, Sri Uji; Saraswati, Ufi; Muntholib, A. (2018). Penanaman Nilai-nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran Sejarah Lokal Perjuangan Rakyat Sukorejo Kelas XI di SMA Negeri 1 Sukorejo. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 13(2), 205–215.

Rejeki, S., & Wilhem, B. I. (2021). Penanaman Karakter Moralitas dan Disiplin Melalui Program Ekstrakurikuler dan Ko-kurikuler di SMA Negeri 2 Donggo. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(1), 76. https://doi.org/10.31764/civicus.v9i1.5987

Rukmana k. & Praja W. N. (2023). Dampak Globalisasi Terhadap Rasa Nasionalisme dan Patriotisme Masyarakat. 3(9). Pendidikan,

Subaryana, S. (2022). Menata Ulang Patriotisme dan Nasionalisme Indonesia. MUKADIMAH: Jurnal Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2), 285–294. https://doi.org/10.30743/mkd.v6i2.5823

Taufiq Nuryasin, Leo Agung S, H. J., & Magister. (2016). Penerapan Pembelajaran Tipe Student Team Achievenment Division (STAD) Dengan Media Film Dokumenter untuk Meningkatkan Nilai-Nilai Patriotisme dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IX D Semester Gazal Tahun Pelajaran 2015/2016. Вестник Анестезиологии И Реаниматологии, 13(3), 44–50.

Published

2024-05-17

How to Cite

Purnama Sari, S., & Mariyani. (2024). ANALISIS NILAI-NILAI PATRIOTISME DAN NASIONALISME PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PASKIBRA. Bhineka Tunggal Ika; Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKN, 11(1), 69–74. https://doi.org/10.36706/jbti.v11i1.39

Issue

Section

Articles