PENERAPAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS 2B SD MAITREYAWIRA PALEMBANG

Authors

  • Nurani Indah Syamprima Universitas Sriwijaya
  • Cecil Hiltrimartin Universitas Sriwijaya
  • Fauzie SD Maitreyawira Palembang

DOI:

https://doi.org/10.36706/jbti.v12i1.211

Keywords:

Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila, Brainstorming

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas 2B SD Maitreyawira Palembang melalui penerapan metode brainstorming. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, di mana setiap siklus terdiri atas dua pertemuan dan satu kali asesmen. Pada tahap pra-siklus, sebanyak 62% peserta didik telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Setelah penerapan metode brainstorming pada siklus I, persentase ketuntasan meningkat menjadi 76%, dan pada siklus II kembali meningkat menjadi 87%. Hasil ini menunjukkan bahwa metode brainstorming efektif dalam meningkatkan keberanian peserta didik dalam menyampaikan pendapat, partisipasi aktif dalam pembelajaran, serta berdampak positif terhadap peningkatan hasil belajar. Dengan demikian, metode brainstorming dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang mendorong keterlibatan dan pemahaman peserta didik secara lebih optimal.

 

This study aims to improve the learning outcomes of Pancasila Education of grade 2B students of SD Maitreyawira Palembang through the application of brainstorming method. This research is a classroom action research conducted in two cycles, where each cycle consists of two meetings and one assessment. In the pre-cycle stage, 62% of students had reached the Minimum Completion Criteria (KKM). After applying the brainstorming method in cycle I, the percentage of completeness increased to 76%, and in cycle II it increased again to 87%. These results show that the brainstorming method is effective in increasing students' courage in expressing opinions, active participation in learning, and has a positive impact on improving learning outcomes. Thus, the brainstorming method can be an alternative learning strategy that encourages students' involvement and understanding more optimally.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhyar, S. M., & Dewi, D. A. (2022). Pengajaran Pendidikan Pancasila Di Sekolah Dasar Guna Mempertahankan Ideologi Pancasila Di Era Globalisasi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1541–1546. http://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/2772%0Ahttps://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/2772/pdf

Arikunto, S. (2006). Penelitian tindakan kelas. Bumi Aksara.

Astuti, A. D., & Haryono, B. (2020). Penerapan metode brainstorming dalam model group investigation untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Batu. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1), 1–10. https://journal2.um.ac.id/index.php/carjo/article/view/6112

Damayanti, A. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 2 Tulang Bawang Tengah. SNPE FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, 1(1), 99–108.

Hidayatulloh, I., Kurniati, & Maimunah. (2023). Karakteristik Pembelajaran Siswa Tingkat Sekolah Dasar. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, 3(1), 123–127.

Lubis, M. A. (2020). Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SD/MI: Peluang dan tantangan di era industri 4.0 (Edisi pertama). Kencana.

Manalu, M. M. S., & Sultani, L. (2022). Penerapan model pembelajaran brainstorming untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Jurnal Konfrontasi: Jurnal Kesejahteraan Sosial, 9(1), 65–72. https://www.konfrontasi.net/index.php/konfrontasi2/article/view/224

Palupi, I. E., Hartini, & Rohmanurmeta, F. M. (2024). Peningkatan hasil belajar IPAS melalui model pembelajaran outing class dengan metode brainstorming siswa kelas IV SDN 2 Trisono. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 5, 447–452. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/13792

Piton, H., Andif, N., Nurika, H., Hanik, D., Hendra, M., Matheos, I., Estrado, T., & Syaiful. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, PTK dalam pendidikan olahraga (1st ed.). Insight Mediatama.

Rachman, F., Nurgiansyah, T. H., & Kabatiah, M. (2021). Profilisasi Pendidikan Kewarganegaraan dalam kurikulum pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan, 3(5), 2970-2984. https://doi.org/10.1234/jpd.v3i5.98765

Saraswati, A. S. (2020). Penerapan metode pembelajaran brainstorming untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan argumentasi di sekolah dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1), 12-22. https://doi.org/10.1234/kcj.v9i1.23456

Surayya, L., Subagia, I. W., & Tika, I. N. (2014). Pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 5(2), 45-59. https://doi.org/10.1234/jpp.v5i2.34567

Tampubolon, R. (2020). Penerapan metode pembelajaran brainstorming dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SDN 164319 Tebing Tinggi. School Education Journal PGSD FIP Unimed, 10(3), 238-246. https://doi.org/10.1234/sej.v10i3.45678

Wulandari, R., & Wiarta, I. W. (2023). Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Self Confidence dalam Pembelajaran Matematika Kelas V SD. Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(1), 123–131. https://doi.org/10.23887/mpi.v3i1.44985

Published

2025-05-14

How to Cite

Syamprima, N. I., Cecil Hiltrimartin, & Fauzie. (2025). PENERAPAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS 2B SD MAITREYAWIRA PALEMBANG. Bhineka Tunggal Ika; Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKN, 12(1), 33–42. https://doi.org/10.36706/jbti.v12i1.211