IMPLEMENTASI LITERASI KEWARGANEGARAAN SISWA DI KABUPATEN SIMEULUE
DOI:
https://doi.org/10.36706/jbti.v11i1.19Keywords:
Literasi, Kewarganegaraan, GlobalisasiAbstract
Penelitian ini mengkaji implementasi literasi kewarganegaraan di SMA. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan kualitatif adalah untuk menganalisis dan memahami gejala-gejala sosial yang terjadi dalam masyarakat dalam hal ini meliputi prilaku individu dan kelompok. Oleh karena itu, dari penjelasan tersebut penelitian ini ingin menganalisis pelaksananaan literasi kewarganegaraan siswa di SMA simeulue. Dan untuk mendapatkan informasi terkait data dilapangan peneliti menentukan subjek yang dijadikan informan yaitu 5 orang guru pendidikan kewarganegaraan. Untuk memperoleh data penelitian maka teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunujukan bahwa pelaksanaan literasi kewarganegaraan siswa di SMA Simeulue dapat dilaksankan dengan beberap indikator yang dapat meningkatkan literasi kewarganegaraan siswa pertama yaitu pelaksanaan kurikulum terutama guru dalam proses merancang RPP khususnya dalam menyusun model pembelajaran elaboratif sehingga meningkatkan literasi kewarganegaraan siswa di sekolah. Kemudian tingkat profesinalitas guru yang mengajar sangat menentukan hasil pemebelajaran untuk itu dalam meningkatkan literasi kewarganegaraan diperlukan guru-guru yang mengajar dengang bidang ilmu pendididkan kewarganegaraan Dan terakhir dengan mengadakan kegiatan pojok-pojok literasi di sekolah.
This research examines the implementation of civic literacy in high school. The research carried out was descriptive qualitative research. The qualitative approach is to analyze and understand social phenomena that occur in society, in this case including individual and group behavior. Therefore, from this explanation, this research wants to analyze the implementation of student citizenship literacy at Simeulue High School. To obtain information related to data in the field, the researcher determined the subjects to be used as informants, namely 5 civics education teachers. To obtain research data, data collection techniques use observation, interview, and documentation techniques. The results of the research show that the implementation of student citizenship literacy at Simeulue High School can be carried out with several indicators that can increase student citizenship literacy, namely the implementation of the curriculum, especially teachers in the process of designing lesson plans, especially in preparing elaborative learning models to increase student citizenship literacy at school. Then the level of professionalism of the teachers who teach determines the learning outcomes. Therefore, to improve civic literacy, teachers are needed who teach in the field of civic education and finally by holding literacy corner activities in schools.
Downloads
References
Ainiyah, N. (2017). Membangun Penguatan Budaya Literasi Media dan Informasi Dalam Dunia Pendidikan. JPII, 2(1), 65-77. https://doi.org/10.20961/pknp.v15i1.44900
Astuti, T. (2020). Model Respons Penyimak: Membangun Budaya Literasi dan Pendidikan Karakter pada Anak. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, 147-159. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/issue/view/956/Tersediadi:https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/issue/view/956/
Azis, K., & Saadah, W. (2022). Pengembangan Profesionalitas Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Melalui Tindakan Reflektif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(2). http://journal2.um.ac.id/index.php/jppk
https://doi.org/10.17977/um019v7i2p322-334
Dafit, F., Mustika, D., & Melihayatri, N. (2020). Pengaruh Pojok Literasi Terhadap Minat Baca Mahaisswa PGSD FKIP UIR. JURNAL BASICEDU, 4(1), 117-130. https://jbasic.org/index.php/basicedu
https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.307
Eva Luthfi Fakhru Ahsani, N. R. A. (2021). Implentasi Literasi Budaya dan Kewargaan Untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa Madrasah ibtidaiyah Ditengah Pandemi. Jurnal Pendidikan Kewarganrgaraan, 11(01), 7-16.
https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v11i01.10317
Fahmi Rosydi Karim, A., Mansur Ibrahim, M., & Yusuf, N. (2018). Implemntasi Kurikulum Diferensiasi Pendidikan Kewarganegaraan Pada Kelas Akselarasi Peserta Didik Cerdas Inklusif MTsN Ponorogo. Jurnal Civic Hukum, 3(2), 138-148. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/civicus
https://doi.org/10.22219/jch.v3i2.8654
Faiz, A., Putri Novthalia, A., Sausan Nissa, H., Himayah, T., Damayanti, S., Bulan Februari, D., & Korespondensi, A. (2022). Pemantaatan Pojok Baca Dalam Menanamkan Minat Baca Siswa Kelas 3 di SD1 Semplo. JURNAL LENSA PENDAS, 7(1), 58-66. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/lensapendas
https://doi.org/10.33222/jlp.v7i1.1714
Hasan, M., Nurtrid, N., Arisah, & Nur, N. (2022). Implentasi Budaya Literasi Melalui Optimalisasi Perpustakaan Di Sekolah Dasar. Jurnal Edusciences (JES), 9(1), 121-133.
https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2517
Hastuti, S., & Lestari, N. A. (2018). Gerakan Literasi Sekolah: Implementasi Tahap Pembiasaan dan Pengembangan Literasi Di SD Sukorejo Kediri. Jurnal Basataka, 1(2), 29-34.
https://doi.org/10.36277/basataka.v1i2.34
Hidayat, R., & Yusuf, R. (2023). Transformasi karakter semangat nasionalisme pada siswa di SMA Kabupaten Simeulue melalui gerakan literasi sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(2), 138-145. https://doi.org/10.21831/jpka.v14i2.63105
Muizzuddin, M. (2019). Pengembangan Profesionalisme Guru dan Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 7(1), 127-140. https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.2957
Pratiwi, A., & Asyarotin, E. N. K. (2019). Implementasi literasi budaya dan kewargaan sebagai solusi disinformasi pada generasi millennial di Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), 66-80. https://doi.org/10.24198/jkip.v7i1.20066
https://doi.org/10.24198/jkip.v7i1.20066
Ridwan Saidi, M., & Rosyid Al-Atok, A. (2022). Pengaruh Literasi Digital dan Literasi Kewarganegaraan TerhadapTngkat Ketahanan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan UM, 7(1), 119-128. http://journal2.um.ac.id/index.php/jppk
https://doi.org/10.17977/um019v7i1p119-128
Saputri, R., Nisa, F., & Artikel, R. (2021). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Melalui Kelas Literasi di Sekolah Dasar Islam. Jenius, 2(2), 108-116. http://ejournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/jenius/index
https://doi.org/10.22515/jenius.v2i2.4438
Setiawan, A. A., & Sudigdo, A. (2019). Penguatan Literasi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kunjungan Perpustakaan. Jurnal Ustjogja, 24-30.
Sumaryanti, L. (2018). Membudayakan Literasi Pada Anak Usia Dini Dengan Metode Mendomgeng. Journal Basic Of Education, 03(01), 117-125. http://unisda.ac.id/publikasi/seminar-prosiding/International
https://doi.org/10.24269/ajbe.v3i1.1332
Sutikno, M. S. P. H. (2020). Penelitian Kualitatif. Holistika.
Yuki, L. K. (2020). Implementasi Literasi Budaya Kuda Kosong dalam Meningkatkan Minat Membaca pada Mahasiswa Universitas Putra Indonesia. Jurnal Soshum Insentif, 3(1), 44-50. https://doi.org/10.36787/jsi.v3i1.215
Yusuf, R., Sanusi, Razali, Maimun, Irwan, P., & Iwan, F. (2020). Tinjauan Literasi Budaya dan Kewargaan Siswa Se-Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 91-99. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Roni Hidayat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.