STRATEGI PRAKTIK BAIK MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH PADA KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN

Authors

  • Dewi Aktalia Universitas Sriwijaya
  • Camellia Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.36706/jbti.v12i1.187

Keywords:

Menejemen Berbasis Sekolah, Kurikulum Merdeka, Kualitas Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi praktik baik penerapan manajemen berbasis sekolah pada kurikulum merdeka dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMA negeri 1 Indralaya Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, informan dalam penelitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling yang berjumlah 7 orang guru. Penelitian ini menggunkan teknik pengumpulan data berupa teknik wawancara, teknik observasi dan teknik dokumentasi. dengan Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi praktik baik dalam pengimplementasian manajemen berbasis sekolah pada kurikulum merdeka dilakukan melalui sistem pengembangan rencana pembelajaran secarah berkala, meningkatkan kecakapan guru dalam mendesign kelas, respon peserta didik, tercukupinya sarana prasaran, dan membangun budaya positif serta kesesuain kurikulum yang sedang digunakan dengan karakteristik sekolah dan kebutuhan peserta didik

 

This study aims to find out the best practice strategy for the implementation of school-based management in the independent curriculum in improving the quality of learning at SMA Negeri 1 Indralaya Utara. This study uses a qualitative approach with a descriptive method, the informan in this study taken by purposive sampling technique with totaling 7 teachers. This research uses data collection techniques in the form of interview techniques, observation techniques and documentation techniques. The results of this study show that good practice strategies in the implementation of school-based management in the independent curriculum are carried out through the development system of periodic learning plans, improving teachers' skills in designing classrooms, student response, adequate infrastructure, and building a positive culture and conformity of the curriculum that is being used with the characteristics of the school and the needs of students

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, W. ,dkk. (2023). Inovasi Kurikulum Merdeka Belajar: Profil Pelajar Pancasila di Era Society 5.0. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 1090–1102. https://j-innovative.org/index.php/Innovative

Aminuddin, dkk. ,. (2023). Manajemen Berbasis Sekolah : (Teori dan Praktek) (Pertama). Tarbiyah Press STAIN. https://eprints.iain surakarta.ac.id/5531/1/MBS.pdf

Junindra, A. dkk,. (2022) Manajemen berbasis sekolah (MBS) dalam meningkatkankan mutu pendidikan di sekolah dasar. Jurnal CERDAS Proklamator (Vol.10 Nomor. 1, edisi Juni 2022). Universitas begeri padang , 25132, padang indonesia.

Kemdikburistek. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka (Tim Kreatif Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Ed.; 1st ed.). Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar Kurikulum dan Assesmen Pendidikan Kemendikbudristek .

Khoirurrijal, dkk,. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka ( dkk. , Bahar, Ed.; Pertama). CV. Literasi Nusantara Abadi Anggota IKAPI No 209/JTI/2018. www.penerbitlitnus.co.id

Kurniawan, dkk,. (2020). Penerapan manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal pendidikan tambusai (Vol. 4 Nomor 3) ISSN: 2614-3093.

Mustakim & Saberan, R. (2019). Penerapan manajemen berbasis sekolah. Jurnal Statistika: jurnal bahasa, sastra, dan pengajaran (Vol. 4 Nomor.1 ) ISSN 2527-4104

Nadeak, B. (2022). Manajemen Berbasis Sekolah (Mbs) (Abyan F Dkk., Ed.; 1st Ed.). Widina Bhakti Persada Bandung. Www.Penerbitwidina.Com

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung, Alfabeta, 2(29). ISBN: 979-8433-64-0 www.cvalfabeta.com IKPI

Sulastri & Indriai, A. (2024). Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah. Indonesian Journal Of Administration Or Managemen In Education (IJAM-Edu), 1(1), 45–48. https://doi.org/https://ijam edu.ppi.inp.ac.id/index.php/ijam

Wahyuni, S. (2022). Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling , Vol 4. No 6 Thn 2022.

Winoto S. (2020). Manajemen Berbasis Sekolah Konsep Dan Aplikasi Dalam Aktivitas Manajerial Di Sekolah Atau Madrasah ( Dkk. , Chotib M, Ed.; Pertama). Lkis.

Wiyono, H. (2023). Sistem Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka: Di SMP Negeri 21 Pontianak. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(1), 85 94. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i1.3354

Yantoro, dkk,. (2022) school-based management in improving school quality. In Journal of Engineering, Social and Health (Vol. 1 Nomor.2) - (115-126). Primary Teacher Education, Universitas Jambi, Indonesia https://jesh.globalpublikasiana.com/index.php/gp/

Published

2025-05-14

How to Cite

Dewi Aktalia, & Camellia. (2025). STRATEGI PRAKTIK BAIK MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH PADA KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN. Bhineka Tunggal Ika; Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKN, 12(1). https://doi.org/10.36706/jbti.v12i1.187