PEMBENTUKAN MINAT BELAJAR MELALUI PENGUATAN INTERPERSONAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 INDRALAYA
DOI:
https://doi.org/10.36706/jbti.v12i1.182Keywords:
Kecerdasan Interpersonal, Minat Belajar, Pendidikan PancasilaAbstract
Pendidikan sangat penting untuk pengembangan karakter dan kualitas sumber daya manusia, dengan fokus pada pengembangan kekuatan spiritual, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, dan keterampilan peserta didik. Namun, tantangan seperti kemerosotan moral, dibuktikan dengan isu-isu seperti perundungan dan kenakalan remaja, maka dari itu perlunya pemberikan pendidikan karakter bagi peserta didik di sekolah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pembentukan minat belajar dengan penguatan interpersonal pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Indralaya. Teknik pengumpulan pada penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan 172 sampel yang dipilih secara acak. Instrumen penelitian berupa angket dengan 45 item pernyataan, diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat korelasi kuat antara kecerdasan interpersonal dan minat belajar, dengan nilai koefisien korelasi Pearson sebesar 0,718 dan signifikansi sebesar 0,000 (<0,05). Artinya, semakin tinggi kecerdasan interpersonal yang dimiliki siswa, semakin tinggi pula minat belajar mereka. Dengan demikian, penguatan kecerdasan interpersonal terbukti efektif dalam membentuk minat belajar peserta didik di tingkat sekolah menengah pertama.
Education plays a vital role in the development of character and the quality of human resources; however, challenges such as the moral decline among students necessitate the strengthening of character education. This study aims to examine the formation of learning interest through the enhancement of interpersonal intelligence among eighth-grade students at SMP Negeri 1 Indralaya. The research employed a quantitative approach using the Product Moment correlation method, involving 172 randomly selected students. The research instrument consisted of a questionnaire with 45 statement items, validated and tested for reliability. Data analysis revealed a strong correlation between interpersonal intelligence and learning interest, with a Pearson correlation coefficient of 0.718 and a significance value of 0.000 (<0.05). This indicates that the higher the students' interpersonal intelligence, the greater their interest in learning. Therefore, strengthening interpersonal intelligence is proven to be effective in fostering students' learning interest at the junior high school level.
Downloads
References
Aditya, & dkk. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter Di Tingkat SMP Pada Era Globalisasi. 2(2), 126–133.
Ananda, R., & Hayati, F. (2020). Variabel Belajar (Kompilasi Konsep). CV. Pusdikra MJ.
Anugrah., & Rahmat. (2024). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Kurikulum Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). 4(1), 22–34. https://doi.org/10.53299/jppiv4i1.403
Apriyanto, T. (2024). Pengaruh Disiplin Guru Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Pada Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Nida Al-Qur’an Kedu Temanggung Jawa Tengah). Tesis. Program Pascasarjana UIN Salatiga.
Elviana, L., Sainanda, G., & Setiawati, M. (2022). Hubungan Pemberian Apresiasi Terhadap Minat Belajar IPS Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 X Koto. Jurnal Eduscience (JES), 9(2).
Gardner, H. (2011). Frames Of Mind : The Theory Of Multiple Intelligences. Basic Books.
Harefa, E., Achmad Ruslan Afendi, Mn. H., Perdy Karuru, Ma., Sulaeman, Mp., Alice Yeni Verawati Wote, Mp., Jonherz Stenlly Patalatu, Mp., Nur Azizah, M., Henny Sanulita, Mp., & Adnan Yusufi, Mp. (2024). Buku Ajar Teori Belajar dan Pembelajaran. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Hermita, N. (2017). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak. Deepublish.
Hrp, N. A., & dkk. (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. CV. Widina Media Utama.
Kurnisar, Mariyani, Camellia, ..., Ghifari, M. A. A., & Herdeanti, M. (2023). Analysis of the need for articulate storyline-based interactive learning media development to increase student learning motivation. AIP Conference Proceedings, 2621(1).
Lubis. (2022). Hubungan Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Di UPT SMP Negeri 1 Silahisabungan Kabupaten Dairi. Program Pascasarjana Magister Psikologi Universitas Medan Area.
Mariyani, M., Chotimah, U., Mauilida, A., & Khairunisa, I. (2023). Analisis Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Menyusun Instrumen Penilaian Kognitif dan Afektif. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(1), 95-102. doi:10.32884/ideas.v9i1.1199
Mariyani, Nurdiansyah, E., Ramadhan, A., Veronica, M., & Galuh, S. (2023). Analysis Of The Need For Schoology-Based Mobile Learning Development As An Effort To Strengthen The 4C (Critical, Collaboration, Creative, and Communication) Skills in Students.
Meike, W., & Jani, J. (2023). Upaya Guru IPS Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung. Student Research Journal, 1(4).
Muhaemin., & Fitrianto, Y. (2022). Mengembangkan Potensi Peserta Didik Berbasis Kecerdasan Majemuk. CV. Adanu Abimata.
Ningsih, S. (2023). Desain Model Pembelajaran Suni Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik Di MTS Hidayatul Mubtadiin Dayamurni Tulang Bawang Barat. Tesis. Pascasarjana IAIN Metro.
Nurhayani, & Salistina, D. (2022). Teori Belajar dan Pembelajaran. CV Gerbang Media Aksara.
Rambe, N. A. (2024). Hubungan Komunikasi Interpersonal Guru Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Marbau. Skripsi. Universitas Medan Area.
Roziqin, K. (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP NU Kesesi Ditinjau Dari Gender. Skripsi. UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tia Ratu Sak’diah, Mariyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.