PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TERINTEGRASI ASMAUL HUSNA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.36706/jbti.v12i1.179Keywords:
Pengembangan, Modul Pembelajaran, Asmaul Husna, Pembelajaran Multikultural, Pendidikan PancasilaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui media yang dibuat digunakan dalam proses pembelajaran memiliki tingkat validitas dan praktikaitas yang baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu RnD Research and Development menggunakan model 4D Thiagarajan yang telah dimodifikasi. Tahapan yang digunakan ada tiga tahap yaitu define (pendefenisian), design (perancangan), dan development (pengembangan). Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan penyebaran angket. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDIT Cinta Qur’an Islami School Tanjung Balik. Siswa kelas V terdiri 9 orang siswa, 5 orang laki-laki dan 4 orang perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa respon guru terhadap modul menunjukkan respon yang sangat baik dan dibuktikan dengan persentase sebesar 81,25%. Begitu juga respon dari siswa diperoleh persentase sebesar 88% dengan tanggapan sangat baik tersebut sehingga modul pembelajaran terintegrasi Asmaul Husna dapat dikatakan dapat digunakan dan praktis untuk pembelajaran pendidikan pancasila.
This study aims to determine the validity and practicality of the media developed so that it can be used in the learning process. The method used in this research is Research and Development using Thiagarajan's modified 4D model. There are three stages used, namely define, design, and development. Data collection techniques are observation, interview, documentation, and questionnaire distribution. The subjects of this study were teachers and fifth grade students of SDIT Cinta Qur'an Islami School Tanjung Balik. The fifth grade students consisted of 9 students, 5 boys and 4 girls. The results of this study indicate that the teacher's response to the module shows a very good response and is evidenced by a percentage of 81.25%. Likewise, the response from students obtained a percentage of 88% with this very good response so that the Asmaul Husna integrated learning module can be said to be valid and practical to use for learning Pancasila education.
Downloads
References
Fattan Yanuarta. (2024). Nilai-Nilai Kebudayaan Dan Implementasi Pancasila Dalam Upacara Kasada Suku Tengger. Bhineka Tunggal Ika; Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKN, 11(1), 106–113. https://doi.org/10.36706/jbti.v11i1.43
Fauzan, M. (2021). Pengembangan Modul Inovatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab VII.
Hasanah, Ri. N., & Dewi, U. (2016). Pengembangan Media Modul Elektronik Pada Mata Pelajaran IPA Materi Pokok Kalor dan Perpindahannya di Kelas VII G SMPN 34 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 1(1), 1–7.
Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. Jurnal Pendidikan Dan Sains STITPN, 2, 97–104.
Marwan, S. (2023). Pentingnya Penguatan Moderasi Beragama dalam Bahan Ajar Pendidikan Kewarganegaraan. Istinarah: Riset Keagamaan, Sosial Dan Budaya, 5(2), 146. https://doi.org/10.31958/istinarah.v5i2.11001
Mizani, A., & Marwan, S. (2023). Pengembangan E-Modul Menggunakan Flip PDF Professional Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 45. https://doi.org/10.29240/jpd.v7i2.8270
Muthaharoh, F., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Materi Asmaul Husna Pada Siswa Kelas VII Di Mts Negeri 1 Bantul. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 74–85.
Noor, T. (2018). Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional (Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003). Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 2(01), 123–144.
Nurhayati, I. dan I. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Asmaul Husana Dalam Pembentukan Akhlak Di Taman Kanak-Kanak. 8(2), 720–735. https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i2.287
One, W. P. S. (2017). Pengembangan Media Modul Elektronik Pada Materi Pokok Bilangan Bulat dan Pecahan Mata Pelajaran Matematika Kelas VII di SMP NEGERI 1 PAMEKASAN. Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Surabaya, 14.
Palupi, V. I., Marwiyah, S., & Ishak, F. (2024). Pengembangan E-Modul Berbantuan Canva Pada Materi Asmaul Husna. Indonesian Journal of Islamic Educational Review, 1(1), 57–64.
Raichanah, N., & Najicha, F. U. (2023). Peran Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Hoax. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 12(2), 122–128. https://doi.org/10.33061/jgz.v12i2.9940
Ritonga, A. P., Andini, N. P., & Iklmah, L. (2022). Pengembangan Bahan Ajaran Media. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 343–348. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2612
Septian, R., Irianto, S., & Andriani, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Matematika Berbasis Model Realistic Mathematics Education. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(1), 59–67. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i1.56
Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Susanti, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Pai Berbasis Kurikulum 2013 Di Kelas V Sd Negeri 21 Batubasa, Tanah Datar. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 156–173. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1466
Ujud, S., Nur, T. D., Yusuf, Y., Saibi, N., & Ramli, M. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305
Widyaningrum, R., Sarwanto, S., & Karyanto, P. (2013). Pengembangan Modul Berorientasi Poe (Predict, Observe, Explain) Berwawasan Lingkungan Padamateri Pencemaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 100. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v6i1.3920
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Reni Oktavia, Syaiful Marwan, Yufi Latmini Lasari, Muspardi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.