IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 7 DI SMPN 17 MUARO JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.36706/jbti.v12i1.157Keywords:
Profil Pelajar Pancasila, Kampus Mengajar, SekolahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa implementasi profil pelajar pancasila di SMP Negeri 17 Muaro Jambi,metode yang digunakan adalah kualitatif karena mampu menjelaskan dan memperoleh informasi mengenai Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 7 dalam implementasi profil pelajar pancasila di SMP Negeri 17 Muaro Jambi. Metode ini cocok digunakan karena mampu memahami fakta serta realita pelaksanaan Kampus Mengajar,Teknik pengumpulan data melalui obeservasi serta wawancara yang ditujukan kepada kepala sekolah, guru pamong . Selanjutnya mahasiswa menganalisis keseluruhan informasi yang didapatkan dengan teknik analisis reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan.Hasil dan pembahasan Kampus mengajar akan berkolaborasi dengan sekolah sasaran dengan menghadirkan berbagai program kerja untuk menghadirkan pembelajaran yang bermakna sekaligus mencapai aspek profil pelajar pancasila Adanya program kampus mengajar 7 memberikan dampak positif terhadap inovasi program dan implementasi dimensi profil pelajar pancasila melalui program prioritas.berikut implementasi profil pelajar pancasila yang diterapkan di SMP Negeri 17 Muaro Jambi Adapun program pesantren kilat merupakan dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia,dan pertunjukan tari dan pakaian adat merupakan dimensi berkebhinekaan global,melakukan gotong royong merupakan dimensi gotong royong,dan lomba literasi di sekolah pada bulan Ramadan merupakan dimensi bernalar kritis dan menghiasi kelas masuk kedalam dimensi kreatif.
This study aims to analyze the implementation of the Pancasila student profile at SMP Negeri 17 Muaro Jambi, the method used is qualitative because it is able to explain and obtain information about the Kampus Mengajar Batch 7 in the implementation of the Pancasila student profile at SMP Negeri 17 Muaro Jambi. This method is suitable for use because it is able to understand the facts and realities of the implementation of the Kampus Mengajar, Data collection techniques through observation and interviews aimed at the principal, supervising teachers,. Furthermore, students analyze all the information obtained using data reduction analysis techniques, presentation, and drawing conclusions. Results and discussion Kampus Mengajar will collaborate with target schools by presenting various work programs to present meaningful learning while achieving aspects of the Pancasila student profile The existence of the Kampus Mengajar 7 program has a positive impact on program innovation and implementation of the Pancasila student profile dimension through priority programs. The following is the implementation of the Pancasila student profile applied at SMP Negeri 17 Muaro Jambi. The short-term Islamic boarding school program is a dimension of faith, devotion to God Almighty and noble character, and dance performances and traditional clothing are dimensions of global diversity, carrying out mutual cooperation is a dimension of mutual cooperation, and literacy competitions at school during the month of Ramadan are dimensions of critical reasoning and decorating the class into the creative dimension.
Downloads
References
BASTARI, K. (2021). Belajar Mandiri Dan Merdeka Belajar Bagi Peserta Didik, Antara Tuntutan Dan Tantangan. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 68–77. https://doi.org/10.51878/academia.v1i1.430
Cahyani, R. R., Wulandari, P. A., & Jannah, I. M. (2020). Implementasi Budaya Sekolah dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik di MTs Mambaus Sholihin. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 2(2), 124–140. https://doi.org/10.15642/japi.2020.2.2.124-140
Fauzan, A., Kurniawansyah, E., & Salam, M. (2021). Pengembangan buku revitalisasi dan reaktualisasi pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara menghadapi tantangan globalisasi. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 43. https://doi.org/10.36412/ce.v4i2.2373
Hidayah, Y., & Suyitno. (2021). Kajian Media Pembelajaran Berbasis Interaktif Untuk Memperkuat Profil. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(2), 22–30.
Ismail, S., Suhana, S., & zakiah, qiqi, Y. (2022). Analisis Kebijakan Program Penguatan Pendidikan Karakter. Tsaqofah, 2(4), 466–474. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v2i4.469
Istiningsih, G., & Dharma, D. S. A. (2021). Integrasi Nilai Karakter Diponegoro Dalam Pembelajaran Untuk Membentuk Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar. Kebudayaan, 16(1), 25–42. https://doi.org/10.24832/jk.v16i1.447
Jamaludin, J., & Alanur, S. N. (2021). Pengembangan Civic Knowledge Dan Literasi Informasi Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Case Method Pada Mahasiswa Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(01), 28. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v11i01.10083
Lisa, H., Mardiah, M., & Napratilora, M. (2020). Program Pesantren Kilat Ramadhan untuk Meningkatkan Motivasi Ibadah Siswa SMPN 3 Tembilahan Hulu. ABDIMASY: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 63–74. https://doi.org/10.46963/ams.v1i2.268
Nurun Alanur, S., Amus, S., & Jamaludin. (2022). Studi Budaya Politik Mahasiswa Melalui Mata Kuliah Pendidikan Politik Kewarganegaraan [Student Political Culture Studies Through Citizenship Political Education Courses]. Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKN, 09(01), 64–70. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/article/view/17532/pdf
RAHAYUNINGSIH, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925
Sitompul, E., Dhieni, N., & Hapidin, H. (2022). Karakter Gotong Royong dalam Paket Pembelajaran Sema. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3473–3487. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1674
Sugiyono. (2013), Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D, Bandung; Alfabeta.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Annisa Dwi Karisma, Tohap Pandapotan Simaremare

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.